Amblas Lagi, Jalan Poros Tenggarong-Kota Bangun

  • Bagikan
Jalan di KM 33, Sanggulan, Kukar amblas. (Foto: Ist)

TENGGARONG, Infokubar.id – Akses Jalan Trans Kaltim tepatnya di kilometer 33 Desa Sanggulan, Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara kembali amblas pada hari Senin (13/09). Bahkan kerusakan yang terjadi tampak semakin parah dan melebar.

Sebelumnya jalan tersebut sudah ambruk pada Kamis (09/09) dan warga setempat sempat menambalnya menggunakan batu koral. Bahkan sempat akibatkan satu unit truk terjebak di jalan rusak tersebut.

Kerusakan ini menyebabkan jalan akses penghubung utama dua kabupaten (Kukar-Kubar) ini pun tidak bisa dilewati sama sekali. Kalaupun bisa, sebatas roda dua saja sementara roda empat ke atas terpaksa memutar mencari jalur alternatif.

Antrian panjang tak bisa dielakkan, bahkan dilaporkan hingga berkilometer mulai kendaraan pribadi, hingga angkutan logistik dan lainnya.

Motor dapat melintas setelah dilakukan penimbunan tanah dan koral.

Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah XII Balikpapan sebagai penanggung jawab jalan nasional tersebut terus melakukan perbaikan. Untuk sementara penanganan awal dilakukan dengan menimbun batu koral di atas jalan yang rusak. Hasilnya, kendaraan kini dapat melintas secara bergantian karena hanya cukup untuk satu lajur saja.

Diduga penyebab utama kerusakan adalah karena pecahnya gorong-gorong di bawah badan jalan. Selain karena sudah mencapai batas usia, jalan tersebut juga sering dilewati kendaraan berat. (tra/man)

Bagikan ke
  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: