Asrama Atlet Samarinda Dijadikan Tempat Isoter Covid-19

  • Bagikan
Asrama atlet di Kompleks GOR Madya Sempaja jadi lokasi Isoter

SAMARINDA, infokubar.id – Sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo, Kalimantan Timur (Kaltim) diminta segera membuka isolasi terpusat (isoter), agar tidak ada lagi atau menghindari adanya pasien terkonfirmasi yang menjalani isolasi mandiri di rumah. Hal ini untuk memudahkan dalam penanganan pasien. Gubernur Isran Noor pun menyiapkan Asrama Haji Batakan, Balikpapan dan Asrama Atlit Komplek Stadion Madya Sempaja, Samarinda untuk dijadikan tempat isoter.

Menindaklanjuti instruksi Gubernur Kaltim tersebut, pemerintah provnsi segera menyiapkannya. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Prov. Kaltim Dr. HM Jauhar Efendi langsung berkoordinasi dengan pihak Dispora untuk meminta data dan laporan kondisi terkini Asrama Atlet.

Sehabis salat maghrib (Sabtu kemarin), saya janjian dengan Kadispora Kaltim untuk cek langsung di lapangan (Asrama Atlet),” kata Jauhar Efendi, Minggu (08/08).

Soal fasilitas disebutkannya, dua unit Asrama Atlet memiliki 4 lantai (lantai 2, 3 dan 4 untuk asrama). Untuk naik ke lantai atas jelasnya, masing-masing tersedia 2 tangga.

“Tidak ada fasilitas lift, karena memang didesain untuk orang sehat. Bahkan, sangat sehat, yaitu untuk para atlet atau olahragawan,” ujarnya.

Jauhar menambahkan jika waktunya memungkinkan ada beberapa ruangan atau area perlu pengecatan, supaya tampak bersih dan rapi. Selain itu, beberapa pendingin ruangan perlu perbaikan dan perlu perawatan kebersihan.

“Termasuk Sprei, bantal dan sarung bantal juga perlu disiapkan,” imbuhnya.

Banyak pergantian perlu dilakukan seperti beberapa lampu penerang ruangan yang tidak berfungsi, sehingga perlu penggantian hinggga termasuk gorden.

“Perlu pengadaan ember dan gayung untuk mandi. Karena desainnya hanya shower. Tentu saja hanya fasilitas air dingin. Tidak tersedia air panas atau hangat,” ungkap pria berkacamata ini.

Masalah lainnya yang perlu segera diperbaiki pintu dan keramik ada yang terangkat, berdasarkan pemeriksaan jumlahnya hampir seribu buah.

Pihaknya tengah menyiapkan segala kebutuhan dan fasilitas dapat bekerja sesuai standar. “Kita ingin ketika asrama atlet ini dipergunakan untuk Isoter, fasilitas harus benar-benar siap pakai dan tidak ada masalah,” tegas Jauhar.

Masyarakat juga terus diminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti anjuran pemerintah guna memutus rantai penyebaran Covid-19 di Benua Etam. (tra/man)

Bagikan ke
  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: