Berkat Pengembangan DiSAPA, Pemkab Kukar Raih Penghargaan dari Kompas TV

TENGGARONG, Infokubar.id – Pemkab Kukar kembali menambah trofi penghargaan tingkat nasionalnya. Kali ini usai mendapat apresiasi dari Kemkominfo RI dan Kompas TV. Karena dianggap sukses menyelenggarakan keterbukaan informasi publik lewat program DiSAPA.

Sejak Pemerintah Pusat menggaungkan keterbukaan informasi publik. Bahwa apa saja yang dikerjakan pemerintah di semua tingkatan, penggunaan anggarannya, sampai realisasinya. Bisa dipantau langsung oleh masyarakat melalui internet. Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) langsung gercep menerapkannya.

Pemkab Kukar lalu membuat program DiSAPA. Ini adalah akronim dari Digitialisasi Pelayanan Publik. Saat ini telah berhasil diterapkan di semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Sehingga program seluruh dinas bisa dilihat secara real time oleh masyarakat melalui website dinas masing-masing.

Karena dinilai berjalan baik. DiSAPA akhirnya mendapat pengakuan tingkat nasional dengan menerima Penghargaan Apresiasi Daerah Peduli Keterbukaan Informasi Publik. Yang diserahkan langsung oleh Menkominfo RI Budi Arie Setiadi. Pada acara malam puncak perayaan HUT ke-12 Kompas TV yang bertajuk “Indonesia 12aya.”

Bupati Kukar Edi Damansyah ikut bangga dengan penghargaan ini. Karena menjadi bukti bahwa pemerintah sangat bisa menyesuaikan diri di era digitalisasi saat ini.

“Jadi semua informasi dan layanan tersebut telah tersedia dalam format digital melalui program DiSAPA ini,” ungkap Edi Damansyah, Senin (11/9/2023) malam.

Selain Kukar, Edi mengatakan ada 4 daerah lain yang mendapat penghargaan serupa. Yakni Kabupaten Talaud, Kota Probolinggo, Kabupaten Pulau Taliabu, dan Kabupaten Tapin. Kelima daerah ini dinilai telah memberikan kontribusi nyata dalam mendukung keterbukaan informasi publik sesuai dengan UU 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Edi melanjutkan, Pemkab Kukar sudah menerapkan inovasi ini sejak 2021 lalu. Selain untuk mewujudkan keterbukaan informasi publik juga sekaligus untuk memangkas birokrasi. Pada ujung-ujungnya juga untuk mengoptimalkan pelayanan publik.

Warga DiSAPA bahkan secara serius dimasukkan ke dalam program dedikasi Kukar Idaman. Yang tertuang dalam RPJMD 2021-2026.

“Lewat program DiSAPA, kami mendorong seluruh OPD untuk berinovasi mengembangkan aplikasi berbasis web. Agar masyarakat dapat mengakses layanan publik dengan mudah dan cepat.”

“Termasuk melalui PPID mendorong seluruh Badan Publik di tingkat kabupaten hingga desa untuk secara transparan dan terbuka menyuguhkan informasi melalui website, media sosial dan pelayanan langsung di Desk Pelayanan PPID,” pungkas Bupati Edi. (Adv/Diskominfo Kukar)

Redaksi Infokubar.id

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: