Besok Jokowi Tiba di Kubar, FX Yapan: Sudah Sesuai Protokoler Istana

Bupati Kubar, FX Yapan.

SENDAWAR, Infokubar.id – Bupati Kutai Barat FX Yapan memastikan seluruh persiapan penyambutan Presiden Joko Widodo telah siap dan sesuai protokoler istana. 

Hal itu dipastikan saat gladi gelar pasukan yang dipimpin Komandan Pasukan Gegana Dua Korps Brimob Polri, Brigjen Pol Reza Arief Dewanto didampingi Kasrem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) Kolonel Inf Prianto Eko Widodo di Alun-Alun ITHO, Kutai Barat, pagi tadi (02/11/2023).

Presiden berangkat melalui Hellypad Bendungan Semoi dan tiba di Stadion Swalas Gunaaq, Sendawar, Jumat (03/11/2023) pagi. 

Mantan Walikota Solo itu diagendakan untuk deklarasi dukungan dan syukuran Ibu Kota Nusantara (IKN) bersama masyarakat Kutai Barat serta pemberian gelar adat dari lembaga adat.

“Sembilan puluh persen sudah siap. Ini bukan kita lagi tapi dari protokol istana yang mengatur semuanya. Kita ini ikut aja apa yang diarahkan mereka. Jadi semua diambil alih protokol istana,” kata Bupati Kubar FX Yapan ditemui media ini usai pelaksanaan apel gelar pasukan pengamanan.

Secara persiapan, kata Yapan, pemerintah daerah dan masyarakat sudah siap untuk menyambut orang nomor satu Indonesia itu di Bumi Tanaa Purai Ngeriman.

Sebelum Jokowi tiba, Bupati akan menyambut Kapolri Jenderal Listyo Sigit dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono di Bandara Melalan Sendawar. 

”Nanti kita sambut duluan Panglima TNI dan Kapolri. Kemudian kita sama-sama tunggu kedatangan presiden di depan GOR lalu diarahkan ke Alun-alun Itho,” ujar Yapan.

Sebelumnya rombongan RI 1 itu melakukan serangkaian kegiatan diantaranya meninjau Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) sebelum bertolak ke Kubar untuk menghadiri perayaan Festival Dahau Sendawar dalam rangka HUT ke-24 Kabupaten Kubar pada 5 November nanti.

Dalam kunjungan ke Kaltim, Presiden Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara Prof. Dr. Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Luar Negeri Dra. Retno Lestari Priansari Marsudi, serta rombongan disambut Pj Gubernur Kaltim Dr Akmal Malik, Pangdam VI/MLW Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Kapolda Kaltim Irjen. Pol. Drs. Nanang Avianto. (Adv/Diskominfo Kubar)

Penulis | Editor : Lukman Hakim

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: