Bupati Edi Damansyah Hadiri Malam Penganugerahan Digital Idaman Award 2023

TENGGARONG, InfoKubar.Id – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar acara Malam Puncak Digital Idaman Award (DIA) Tahun 2023.

Acara berlangsung di Gedung Putri Karang Melenu Tenggarong Seberang, Rabu (22/11/2023) malam.

Bupati Kukar, Edi Damansyah mengapresiasi upaya Diskominfo Kukar dalam mendorong digitalisasi. Menurutnya, ini merupakan kemajuan positif yang memperbaiki penyelenggaraan pemerintahan.

Edi juga menyebut, bahwa evaluasi dan konsistensi dalam menghadapi perubahan digital dinilai sangat penting. Program DISAPA (Digitalisasi Pelayanan Publik) mendapatkan apresiasi nasional, menandakan ketersediaan SDM yang handal dan daya saing yang tidak kalah.

Ia menekankan perlunya menjaga konsistensi dalam melaksanakan pemerintahan dengan model yang lebih cepat dan efisien melalui digitalisasi.

“Ini harus kita pertahankan dan harus dijaga dengan konsisten bahwa hari ini penyelenggaraan pemerintahan itu tidak bisa kita laksanakan dengan model tradisional. Masyarakat menginginkan lebih cepat dan  pelayanan yang lebih baik, ya salah satunya adalah melalui digitalisasi,” ujar Edi dalam sambutannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kukar, Dafip Haryanto mengungkapkan penganugerahan DIA tidak sekadar penghargaan, melainkan bentuk apresiasi terhadap pihak-pihak yang berhasil mengembangkan inovasi digital berdaya guna tinggi bagi masyarakat.

“Inisiatif ini bertujuan mendorong penggunaan digitalisasi dalam layanan publik di seluruh perangkat daerah Kabupaten Kukar,” tutur Dafip Haryanto.

Dijelaskannya, acara tersebut memiliki tujuan strategis dalam mewujudkan reformasi birokrasi. Transformasi digital di setiap aspek pelayanan publik diharapkan menjadi kunci keberhasilan, langsung dirasakan oleh masyarakat.

Kategori penghargaan DIA mencakup Pengelolaan Website Terbaik, Media Sosial Terbaik, dan SPan Lapor Terbaik untuk perangkat daerah. Sementara itu, masyarakat juga mendapatkan penghargaan melalui Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Kukar dan Pemenang Hackathon Terbaik 2023.

Dia juga menyampaikan bahwa DIA memberikan ruang bagi KIM untuk memanfaatkan digitalisasi, memungkinkan mereka berperan aktif dalam menyediakan informasi cepat, tepat, akurat, dan akuntabel mengikuti era globalisasi dan kemajuan teknologi informasi.

Proses penilaian yang dimulai sejak 10 November melibatkan Diskominfo Kukar dan juri DIA. Sebanyak 59 website dari perangkat daerah dievaluasi untuk memastikan update data, penyebaran informasi publik yang optimal, dan tampilan web yang menarik.

Malam Puncak DIA Tahun 2023 tidak hanya merayakan inovasi digital namun juga menjadi momentum untuk mendorong Kabupaten Kutai Kartanegara menuju pelayanan publik yang semakin modern, efisien, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. (Adv/Diskominfo Kukar)

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: