Bupati Edi Imbau Petani, Nelayan, dan Pembudidaya Ikan Tak Pinjam ke Rentenir

Bupati Kukar Edi Damansyah.

TENGGARONG, Infokubar.id – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah mengimbau kepada seluruh petani, nelayan, dan pembudidaya ikan untuk tidak melakukan pinjaman kepada rentenir. Karena kata dia, kini Pemkab Kukar telah memiliki program khusus yang membantu permodalan di Kukar untuk para petani, nelayan, dan pembudidaya ikan.

Untuk itu, ia meminta kepada seluruh Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), dan Kelompok Wanita Tani di Kukar untuk menyampaikan program KKI kepada masyarakat.

Edi menjelaskan, program KKI dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat. Bahkan, kata dia, petani hutan melalui kegiatan perhutanan sosial pun dapat mengaksesnya.

“Jadi, semua boleh mengakses meminjam kredit ini untuk permodalan, bunganya 0 persen,” ucapnya, Senin (16/10/2023).

Lanjutnya, masyarakat tidak dikenakan bunga dalam pinjaman kredit ini.

“Petani, nelayan, dan pembudidaya ikan hanya mengembalikan pokoknya saja,” tegas Edi.

Ia mengungkapkan, Bank Kaltimtara telah menyediakan anggaran pinjaman hingga 50 juta kepada masyarakat. Kata dia, petani, nelayan, dan pembudidaya ikan dapat mengangsur pinjaman tersebut sesuai musim panen.

“Sesuai analisis, jangka waktu kredit maksimal sampai dengan 36 bulan. Pembayarannya dengan pola setiap panen, setiap produksi,” pungkasnya. (Adv/Diskominfo Kukar)

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: