Dilantik Kapolda, AKBP Anthony Rybok Resmi Jabat Kapolres Mahulu

Pelantikan Kapolres Mahulu AKBP Anthony Rybok (kanan) oleh Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs. Imam Sugianto (kiri) di Lamin Adat Ujoh Bilang, Rabu (4/1/2023). (Foto: Lukman/infokubar.id)

UJOH BILANG, Infokubar.id – AKBP Anthony Rybok akhirnya resmi jabat Kapolres definitif pertama di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu). Ini setelah dirinya dilantik Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs. Imam Sugianto di Lamin Adat Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Rabu (4/1/2023).

Selain melantik sejumlah pejabat utama di Polres Mahulu, Jenderal Bintang Dua ini juga berkunjung ke lahan Mako Polres yang akan dibangun. Ia didampingi Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Mujiyono, serta para Pejabat Utama (PJU) Polda Kaltim, Kapolres Kutai Barat (Kubar), AKBP Heri Rusyaman dan rombongan PJU Polres Kubar.

Diketahui, pelantikan tersebut berdasarkan surat Keputusan Kapolri Nomor: Kep/1756/XII/2022 tanggal 23 Desember 2022 tentang pemberhentian dan pengangkatan pejabat Polri di Lingkup Polda Kaltim.

Pelantikan ditandai dengan penandatanganan berita dan penyerahan tongkat komando ke pejabat baru sebagai Kapolres Mahulu AKBP Anthony Rybok yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit 4 Dit Intelkam Polda Kaltim.

Keberadaan Polres Mahulu, kata Kapolda, sudah sesuai dengan harapan pemerintah dan masyarakat di kabupaten bersemboyan Urip Keriman itu agar terwujudnya keamanan dan ketertiban masyarakat di perbatasan wilayah Kaltim ini.

“Polri terus berupaya melengkapi perangkat organisasinya hingga di tingkat kabupaten, salah satunya dengan adanya pembentukan Polres baru di Mahulu ini,” kata Imam saat meninjau Mako Polres sementara.

Atas jabatan baru yang diberikannya itu, Kapolda berpesan kepada seluruh pejabat yang dilantik, agar bekerja dengan penuh tanggungjawab dan selalu menjaga marwah institusi Polri dengan baik.

Oleh Kapolres baru tersebut, bermodal pengalaman 23 tahun bertugas pada Korps Bhayangkara di tanah Borneo, ia menyebut tak akan jadi tantangan baru bagi tugasnya sebagai Kapolres Mahulu.

“Kendala situasi dan topografi tak menyurutkan tekad kami dalam mewujudkan pengabdian kepada kepolisian. Insya Allah, kami akan bekerja sepenuh hati. Sehingga kami menjadi Polri yang bisa diterima dan dicintai masyarakat Kabupaten Mahakam Ulu,” pungkas perwira polisi berpangkat melati dua tersebut.

Mewakili Pemkab Mahulu, Bupati Bonifasius Belawan Geh mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Kaltim dan seluruh jajaran yang mendukung serta mewujudkan harapan masyarakat Mahulu, dalam pembentukan Polres Mahulu. (*)

Penulis: Lukman Hakim

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: