Disdikbud Sebut Multimedia dan Otomotif Jurusan Paling Banyak Diminati di SMK

Plt Kepala Bidang Pembinaan SMK Disdikbud Provinsi Kaltim, Taufiqurrahman. (Foto: Istimewa)

Samarinda, Infokubar.id – Teknologi dan Otomatif seakan tak dapat terpisahkan di era sekarang ini. Kedua kategori jurusan ini masih dibanjiri peminat oleh para siswa pada jenjang SMK di Benua Etam. Hal ini berdasarkan pengamatan langsung oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim.

Plt Kabid Pembinaan SMK di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim, Taufiqurrahman memastikan, ada 2 keahlian yang masih tak terbantahkan peminatnya. Yaitu Multimedia dan Teknik Kendaraan Ringan (Otomotif). Padahal banyak sekolah juga menawarkan jurusan Vokasi selain keduanya.

Ia pun mengamati alasan kedua jurusan tersebut jadi santer di kalangan siswa SMK. Ternyata kebanyakan siswa hanya mengikuti tren semata. Itu terbukti dengan banyaknya siswa yang lulusan tersebut justru tidak melanjutkan keahliannya pada jenjang pendidikan kuliah.

“Ada dua faktor yang mendasari pilihan siswa. Ada yang cuma ikut tren, karena teman sebaya. Juga karena pilihan orangtuanya. Jadi, sebagian dari mereka yang lulus dari SMK itu, ketika kuliah jarang mengambil jurusan saat seperti lulus SMK,” papar dia.

Adapun jurusan yang terbilang langka di SMK pada umumnya, yaitu pertanian dan kontruksi. Di Kaltim kurang peminatnya. Meski tak banyak sekolah yang menyiapkan jurusan tersebut, karena sepinya peminat pada kedua jurusan itu.

“Jika dikaitkan dengan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara nanti, seseorang dengan latar belakang pendidikan pertanian bisa jadi akan diperhitungkan. Lalu jurusan konstruksi itu juga dibutuhkan sebenarnya. Tapi jumlah yang diperlukan dengan jumlah anak yang lulus itu jauh sekali,” jelas Taufiq. Juga ada tata boga dan kecantikan. (adv/disdikbudkaltim)

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: