Dispar Kaltim Gaet Influencer, Gelar Famtrip 3 Danau

  • Bagikan
Keseruan di objek wisata Tanjung Tamannoh. (Foto: Disparprovkaltim)

SENDAWAR, Infokubar.id – Baru-baru ini Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur (Dispar Prov. Kaltim) mengadakan Familiatization Trip (Famtrip) 3 Danau. Salah satu destinasi yang dikunjungi ialah Danau Jempang di Kutai Barat. Kegiatan yang digelar oleh Bidang Pemasaran Dispar Prov. Kaltim tersebut berlangsung selama 3 hari, yakni 24 sd 26 September 2021.

Kegiatan ini menjelajahi beberapa destinasi wisata menarik yang ada di 3 danau, di antaranya Danau Semayang dan Danau Melintang di Kutai Kartanegara serta Danau Jempang di Kubar.

Dispar Prov. Kaltim menggandeng 14 influencer yang diharapkan bisa membantu promosi dari destinasi yang dikunjungi. Perekrutan peserta Famtrip tersebut dilakukan dengan cara mengikuti challenge di akun Instagram @dinaspariwisatakaltim.

Dikutip dari Instagram resmi Dispar Prov Kaltim, Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Restiawan Baihaqi mengatakan para peserta Famtrip akan diajak mengenal potensi yang terdapat di daerah perhuluan Kabupaten Kukar sampai Kabupaten Kubar.

“Pada kesempatan ini para peserta akan diajak mengunjungi 3 Danau terbesar di Kaltim, yaitu Danau Semayang, Danau Melintang, dan Janau Jempang. Selain menikmati keeksotisan danau dan destinasi yang berada di sekitarnya, mereka juga akan diajak untuk mengeksplor salah satu kampung dengan penduduk mayoritas Suku Dayak Benuaq, yakni Kampung Tanjung Isuy”, ujar Heki sapaan akrabnya.

Menurutnya penyelenggaraan Famtrip ini dianggap sangat efektif. Selain mempromosikan destinasi wisata yang berada di tiga danau, juga bermaksud agar para peserta dapat berkontribusi dalam memberikan ide, kritik serta saran agar destinasi wisata yang ada di sekitar tiga danau ini menjadi lebih baik lagi.

Famtrip 3 Danau ini dipandu oleh Innal Rahman, Ketua DPC Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kukar. 

“Saya berharap selama kegiatan berlangsung para peserta dan panitia diberi kelancaran, kemudahan dan jodoh, mengapa? Karena walaupun tidak termasuk ke dalam itenerari, namun jika berjodoh para peserta famtrip dapat menemukan mamalia langka yang hidup di perairan Sungai Mahakam, yakni Pesut Mahakam,” ujar Innal.

Innal juga menambahkan, untuk mendorong program pemerintah memerangi wabah covid-19 maka selama penyelenggaraan kegiatan Famtrip akan dilaksanakan sesuai ketentuan protokol kesehatan yang berlaku. 

Perjalanan rombongan berangkat dari Samarinda dengan menggunakan bus menuju Kota Bangun lalu dilanjutkan dengan menggunakan 4 buah ketinting menuju destinasi pertama, yaitu Desa Pela. Perjalanan berlanjut ke Desa Semayang, jembatan Desa Melintang lalu menginap di homestay Desa Muara Enggelam.

Hari kedua famtrip berlanjut ke Muara Muntai, lalu berpindah ke Danau Jempang. Rombongan singgah di Tanjung Jone dan menyantap makan siang dengan sajian ikan air tawar hasil tangkapan nelayan di danau. Kemudian melanjutkan perjalanan sekitar 15 menit ke Tanjung Isuy dan menginap di losmen wisata.

Hari terakhir, di destinasi terakhir ini rombongan berkunjung ke sentra pengrajin tenun doyo dan ikut menyaksikan pembuatan tenun khas Dayak Benuaq ini. Famtrip berakhir dengan perjalanan pulang menuju Samarinda menggunakan bus.

Liputan lengkap beserta keseruan Famtrip 3 Danau bisa diakses di akun Youtube Paradise Of The East. Selanjutnya, Dispar Prov. Kaltim kembali akan menggelar Famtrip serupa dengan destinasi wisata di Kutai Timur tentu kembali menggaet influencer. (tra/man)

Bagikan ke
  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: