DPMPTSP Kubar Gelar Launching Infoin-EkrafKubar, Jadi Sumber Informasi dan Promosi Ekraf Secara Online

Kepala DPMPTSP (empat dari kiri) Adolfus E. Pontus dalam launching Gerai Investasi Infoin-EkrafKubar di kantor DPMPTSP, Selasa (21/5/2024). (Foto: infokubar.id/Fitra)

SENDAWAR, Infokubar.id – Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Atap (DPMPTSP) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) melakukan launching Gerai Investasi di Aula Lantai II, Selasa (21/5/2024). Inovasi yang diberi nama Infoin-EkrafKubar ini diluncurkan untuk mempermudah pelaku usaha maupun pemilik modal untuk promosi dan berinvestasi.

Gerai investasi tersebut bisa diakses langsung melalui website dpmptsp.kutaibaratkab.go.id. Di dalamnya berisi informasi potensi, promosi investasi ekonomi kreatif di Kutai Barat.

Kabid Perencanaan, Pengembangan Iklim dan Promosi Penanaman Modal, David Eva Natupulu mengatakan gerai inovasi yang dilaunching ini bertujuan sebagai sumber informasi dan potensi UKM maupun ekraf yang memudahkan untuk menarik investasi dari luar daerah. Baik itu berupa menanamkan modal maupun menjalin kerjasama dengan para pelaku usaha yang ada di Bumi Tanaa Purai Ngeriman.

“Dari total 16 kecamatan di Kubar, baru diperoleh data sebanyak 33 pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang bergerak di ekonomi kreatif seperti olahan makanan dan kerajinan,” ungkapnya.

Namun, saat ini baru 28 pelaku usaha yang bisa dipublikasi di website terdiri dari 12 pelaku UKM dan 16 pelaku ekraf. Database ini imbuhnya akan terus diperbarui di masa mendatang agar pelaku UKM dan ekraf di Kubar dapat terpublikasi sehingga dapat dipromosikan.

Sementara Kepala DPMPTSP, Adolfus E. Pontus yang turut melaunching secara resmi Gerai Investasi mengatakan inovasi ini merupakan pertama pada tahun ini yang diharapkan turut meningkatkan upaya OPD yang dipimpinnya dalam menarik investasi di Kubar.

Adolfus juga mengingatkan bahwa sumber investasi terbesar di Kubar saat ini adalah dari sektor pertambangan, perkebunan, dan kehutanan. Di antaranya merupakan sumber daya yang suatu saat bisa habis dan tidak bisa diperbarui. Oleh karena itu, ia turut mengajak jajarannya untuk terus menggali potensi yang ada di Kubar sebagai sumber investasi maupun penananam modal di daerah melalui sektor lain, salah satunya yakni ekraf.

“Selamat atas launching Gerai Investasi Infoin-EkrafKubar, mudah-mudahan inovasi ini bisa terus ditingkatkan dan menjadi magnet investasi dari luar Kutai Barat. Ayo kita terus berkreasi dan menciptakan inovasi pelayanan di DPMPTSP,” tandasnya. (Adv)

Redaksi Infokubar.id

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: