Gelar Vaksinasi di SMPN 1 Muara Kedang, Puskesmas Sasar Pelajar

  • Bagikan

SENDAWAR, Infokubar.id – Pemerintah terus menggencarkan program vaksinasi bagi pelajar untuk mendukung persiapan pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas. Salah satunya UPT Puskesmas Muara Kedang, pada Senin (20/9/2021) menggelar vaksinasi pelajar kategori usia 12-17 tahun. Kegiatan itu berlangsung di SMP Negeri 1 Muara Kedang, Kecamatan Bongan.

Kepala UPT Puskesmas Muara Kedang Triyono, S.KM mengatakan vaksinasi pelajar akan terus dilakukan di wilayah pelayanannya secara bertahap. Hal ini guna mendukung PTM terbatas yang dilaksanakan oleh pemerintah.

“Pelaksanaan vaksinasi hari ini merupakan upaya pemerintah dalam hal mencegah laju penyebaran virus covid-19 dan langkah nyata mempercepat cakupan vaksinasi. Terkhusus bagi sekolah, kegiatan vaksinasi ini juga sebagai upaya untuk mengadakan PTM terbatas yang selama ini dilakukan secara daring/online dikarenakan pandemi covid-19,” jelas Triyono.

Sementara itu, Muhammad Sugiyon, tenaga kesehatan dari UPT Puskesmas Muara Kedang saat dihubungi media ini menambahkan, vaksinasi pelajar di SMP hari ini pertama kali digelar. Berikutnya akan menyasar ke sekolah lainnya secara bertahap.

“Ini merupakan penyuntikan dosis pertama untuk pelajar dari UPT Puskesmas Muara Kedang,” ujar Sugiyono.

Vaksinasi pelajar di SMP Negeri 1 tersebut dimulai pukul 09.00 Wita di sekolah yang beralamat di Jln. Jend. Ahmad Yani RT. III, Kampung Muara Kedang.

Skrining vaksinasi pelajar di SMPN 1 Muara Kedang (Dok. Promkes UPT PKM Muara Kedang)

Awalnya vaksinasi akan diikuti oleh 115 siswa, namun hanya 72 siswa saja yang disuntik vaksin jenis Sinovac itu. Sebanyak 14 orang siswa ditunda karena tidak lolos skrining sedangkan 29 siswa lainnya tidak hadir.

“Ada yang lagi demam, hilang penciuman (anosmia), dan alasan kesehatan lainnya,” sebut Sugiyono menjelaskan alasan siswa yang tidak lolos skrining.

Pada vaksinasi kali ini pihak UPT Puskesmas Muara Kedang menyediakan 58 vial atau 116 dosis vaksin. Petugas yang melaksanakan kegiatan vaksinasi pelajar kali ini sebanyak 13 orang, terdiri dari 2 dokter, 7 perawat, 3 bidan, dan 1 org tenaga administrasi (petugas registrasi online).

Rencananya Selasa (21/9/2021) besok vaksinasi pelajar akan kembali digelar dengan sasaran SMA Negeri 1 Bongan.

“Agenda berikutnya, yaitu besok ialah di SMA Negeri 1 Bongan dengan sasaran 106 siswa,” tutup Sugiyono. (tra/man)

Bagikan ke
  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: