Gubernur Kaltim Serahkan Bantuan 20 RLH untuk Warga Kubar

Gubernur Kaltim Isran Noor (kanan) bersama Bupati Kubar FX Yapan (kiri) meresmikan bantuan Rumah Layak Huni di Kampung Sekolaq Darat, Kamis (14/9/2023). (Foto: Humas Pemprov Kaltim)

SENDAWAR, Infokubar.id – Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Isran Noor menyerahkan bantuan Rumah Layak Huni (RLH) di Kabupaten Kutai Barat (Kubar) yang berasal dari bantuan dana Corporate Social Responsibility (CSR) PT Migas Mandiri Pratama (MMP). Penyerahan bantuan dilaksanakan di Kampung Sekolaq Darat, Kecamatan Sekolaq Darat, Kamis (14/9/2023).

Gubernur menegaskan bantuan RLH merupakan salah satu cara untuk menurunkan angka kemiskinan di Kaltim. Sebab kata Gubernur, meski Kaltim dikenal sebagai provinsi kaya, tapi masih ada orang miskin yang jumlahnya sekitar 6,3 persen.

“Itu tidak bisa kita nafikan. Karena itu bantuan rumah layak huni ini menjadi sangat penting untuk mengurangi kemiskinan,” kata Isran.

Gubernur menargetkan bisa terbangun 3.000 hingga 5.000 unit RLH. Jumlah ini sangat mungkin dicapai jika CSR perusahaan fokus pada pembangunan RLH.

“CSR sudah ada tapi kurang terarah dan tidak terkontrol. Kalau rumah layak huni, ada monumennya. Ada barangnya, jelas manfaatnya,” jelasnya.

“Jadi, kalau tidak bisa satu, setengah saja. Kalau tidak bisa, seperempat. Kalau tidak bisa juga, itu namanya tidak tahu diri,” kritik Isran untuk perusahaan-perusahaan besar yang beroperasi di Kaltim tapi enggan menyisihkan CSR mereka untuk program RLH.

Gubernur berpesan bahwa program ini ditujukan untuk mempercepat mengurangi orang miskin. Program RLH melibatkan kerja sama dengan Kodam VI Mulawarman. Semua dana CSR RLH tidak masuk ke rekening Pemprov Kaltim, tapi langsung ke rekening Kodam.

Dirut PT MMP, Edy Kurniawan mengatakan penyaluran bantuan RLH ini dilakukan untuk mendukung program Gubernur Isran Noor dan Wagub Hadi Mulyadi dalam program RLH.

“Tahun ini kami bantu 15 unit. Berikutnya kami tambah 10 unit lagi bundling dengan listrik tenaga surya dan air tadah hujan. Jadi, air bisa langsung diminum,” kata Edy.

Sementara itu, Juni Selasus salah satu penerima bantuan bersyukur bisa menerima bantuan RLH ini.

“Saya sekeluarga berterima kasih kepada Pak Gubernur. Hanya Tuhan yang bisa membalas kebaikan Pak Gubernur dan semua orang yang membantu kami,” ucap Juni.

Bupati Kubar FX Yapan juga turut berterima kasih atas perhatian Pemprov Kaltim untuk masyarakat di Bumi Tanaa Purai Ngeriman.

“Mudahan ini jadi energi dan motivasi untuk Kubar terus berinovasi,” kata Yapan.

Tahun ini terdapat 20 unit RLH akan dibangun di Kubar. Selain 4 unit yang sudah diserahkan 16 unit lainnya dalam proses pembangunan dengan kondisi 80 persen. Terdiri dari 6 rumah beton dengan tipe 36 dan 14 rumah kayu tipe 45.

Hingga saat ini total sudah ditransfer untuk sebanyak 247 unit RLH. Ada sebanyak 242 unit dibangun di 8 kabupaten dan kota di Bumi Etam. (*)

Penulis: Fitra Mayca | Editor: Lukman Hakim

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: