Gubernur Isran Noor Tanam Karet di Juaq Asa

  • Bagikan

SENDAWAR, Infokubar.id – Kunjungan kerja Gubernur Kaltim H. Isran Noor dan Wakil Gubernur H. Hadi Mulyadi pada Jumat (11/6/2021) dilanjutkan ke areal perkebunan karet di Kampung Juaq Asa, Kecamatan Barong Tongkok, Kutai Barat.

Di areal peremajaan karet seluas 79 hektare itu Gubernur Isran Noor dan Wagub Hadi Mulyadi menyerahkan sejumlah bantuan kepada para petani.

Total peremajaan karet dilakukan untuk lahan seluas 460 hektare dan perluasan lahan karet 395 hektare.

Penanaman karet bersama petani. Foto: IST

Bantuan diserahkan antara lain berupa bibit karet, sawit, pupuk, dan lain sebagainya. Tahun ini bantuan keuangan Pemprov Kaltim untuk pengembangan perkebunan di Kabupaten Kutai Barat sebanyak Rp31 miliar.

“Saya sangat happy dan bangga bisa bertemu para petani Juaq Asa pagi ini,” ucap Gubernur Isran Noor di depan puluhan petani Juaq Asa. 

Gubernur juga menyampaikan bahwa apa yang diberikan kepada para petani merupakan hak yang memang seharusnya diterima petani.

“Jadi, bantuan keuangan ini bukan uang saya. Itu uang rakyat yang memang harus kembali kepada rakyat dan memang kewajiban,” sambung Gubernur.

Sambutan dari Kadisbun Provinsi Ir. Ujang Rahmad, M.Si. Foto: IST

Adapun bantuan keuangan senilai Rp31 miliar digunakan untuk peningkatan jalan, pembukaan jalan usaha tani baru sepanjang 7.360 meter, pembuatan jembatan ulin, bantuan pupuk hayati cair untuk intensifikasi tanaman karet, kelapa sawit, lada, kakao, serta tanaman pangan dan hortikultura yang tersebar di 16 kecamatan dengan total luas 17.479 hektare. 

Gubernur juga mengajak para petani pekebun optimis dan yakin dengan profesi yang saat ini dijalani. Petani karet menurutnya memiliki visi jauh ke depan karena karet baru dapat dipanen dalam waktu 5-6 tahun, namun jangka waktunya juga panjang antara 30-35 tahun.

Sambutan Kadis Pertanian Kutai Barat Petrus, S.Hut., M.Si. Foto: IST

“Jangan pernah merasa di belakang, karena belum maju dan lain-lain. Ingat pesawat itu selalu ban belakang duluan yang menyentuh landasan, bukan ban depan, ucap Isran memberi semangat petani dengan analogi ban pesawat.

Foto bersama Gubernur beserta rombongan dan petani. Foto: IST

Kunjungan kerja juga turut didampingi Bupati FX Yapan dan Wakil Bupati Edyanto Arkan, para Kepala OPD di lingkup Pemprov Kalimantan Timur dan Pemkab Kutau Barat. (tra)

Bagikan ke
  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: