Iklan kiri
Iklan kiri
Cloud Hosting Indonesia

Idamkan Listrik PLN, Warga Muara Bomboy Masih Andalkan Panel Surya

  • Bagikan

SENDAWAR, Infokubar.id – Sudah puluhan tahun sejak berdiri, Kampung Muara Bomboy belum pernah dialiri listrik PLN. Masyarakat kampung di Kecamatan Damai itu sangat mendambakan aliran listrik meski hanya untuk penerangan di malam hari.

Dikutip dari Prokopim Kubar, hingga tahun 2022 ini setidaknya di Kutai Barat (Kubar) masih ada sekitar 66 kampung yang belum teraliri listrik.

Kampung yang terletak di seberang aliran Sungai Kedang Pahu itu hanya mengandalkan panel listik dengan bantuan tenaga surya untuk sumber penerangan pada malam hari. 

“Jadi selama ini kita hanya mengandalkan listrik tenaga surya. Melalui bantuan panel tenaga surya dari pemerintah beberapa waktu lalu dan juga dari kegiatan pengadaan pemerintah kampung,” kata Petinggi Kampung Muara Bomboy, Rampak.

Rampak menambahkan pemerintah setempat telah beberapa kali mengajukan permohonan agar aliran listrik PLN bisa masuk ke kampungnya. Namun, saat itu kondisi akses masuk ke wilayah kampung memang belum begitu bagus. 

“Sekarang untuk akses jalan daratnya sudah cukup bagus, kami sangat berharap aliran listrik PLN ini bisa segera sampai di kampung Muara Bomboy,” imbuhnya.

Memang aliran listrik PLN sudah sangat lama diidam-idamkan oleh masyarakat kampung yang hanya berjarak tak sampai 5 kilometer dari pusat kecamatan itu. Masuknya listrik diharapkan bisa ikut mengembangkan perekonomian masyarakat sekitar. Namun, akses yang sulit dijangkau mengakibatkan kampung ini hampir terisolasi.

“Namun kini sudah dibangun jembatan penghubung dan juga perbaikan akses jalan darat. Kami sangat bersyukur. Semoga harapan kami yang lainnya seperti aliran listrik ini juga bisa segera terpenuhi,” pungkasenya. (*)

Penulis: Fitra Mayca

Editor: Lukman Hakim

Facebook Comments Box
Bagikan ke
  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: