Jelang Lebaran, Penumpang Kapal Dari Pelabuhan Melak ke Samarinda Membludak

Arus mudik melalui kapal di pelabuhan Melak. (Foto: infokubar.id)

SENDAWAR, Infokubar.id – Jumlah penumpang kapal sungai dari Pelabuhan Melak menuju Samarinda meningkat drastis dibanding sebelumnya. Lonjakan arus mudik tersebut terjadi menjelang Idulfitri pada awal pekan depan.

“Arus mudik di dermaga Melak ini sudah empat hari ini terjadi lonjakan penumpang. Jumlah penumpang meningkat drastis, biasanya hanya 50 orang di hari biasa sekarang terisi semua maksimal hingga 150 orang,” kata Kepala UPT Pelabuhan Melak, Jumadi kepada wartawan Jumat (29/04/2022) sore.

Lonjakan tersebut membuat jadwal keberangkatan dipercepat dibanding hari biasanya. Jika sebelumnya, kapal berangkat pada pukul 18.30 Wita atau setengah tujuh, tetapi sekarang dipercepat menjadi pukul 16.30-17.00 Wita.

“Ya karena kapal sudah terisi penuh maka langsung berangkat. Tidak berlama-lama di pelabuhan. Sehingga tidak seperti jadwal yang biasanya,” jelasnya.

Jumadi menegaskan bahwa untuk jumlah penumpang yang berangkat ini tidak melebihi dari kapasitas total. Sebabnya untuk tetap mengutamakan faktor keamanan, sehingga setelah kapal terisi penuh diharuskan segera berangkat.

Adapun armada kapal sungai yang berangkat dari Pelabuhan Melak hanya ada dua setiap harinya. Meskipun terjadi lonjakan jumlah penumpang, Jumadi menyebut tidak ada penambahan armada menuju Samarinda.

“Untuk sementara kapal itu dua aja, dari Melak ada satu dan dari Mahulu satu untuk setiap harinya,” terang Jumadi.

Jadwal keberangkatan yang lebih awal ini membuat beberapa penumpang pun terpaksa menunggu kapal selanjutnya yang berasal dari Mahulu.

“Jadi, kalau penumpang yang tidak kebagian untuk jadwal pertama, terpaksa harus menunggu jadwal kedua yang berangkat sekitar jam 8 malam,” tandasnya. (tra/man)

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: