Jerman 4-2 Portugal, Banjir Gol di Allianz Arena

  • Bagikan

Tim Panzer berhasil membalikkan keadaan dengan menang atas Portugal 4-2 pada pertandingan keduanya yang tergabung dalam Grup F Euro 2020 di Allianz Arena, Munich, Jerman, Sabtu (19/6/2021) malam waktu setempat.

Die Manschaft wajib meraih poin penuh jika ingin terus berada di kompetisi antar negara di benua Eropa pasca laga sebelumnya kalah 0-1 melawan Perancis. Adalah Portugal, sang juara bertahan Euro edisi sebelumnya yang menjadi lawan mereka di pertandingan kedua ini.

Ronaldo mencetak gol ke gawang Jerman. Foto: uefa.com

Tampil dengan starting eleven sama seperti laga sebelumnya, Jerman dibuat tersentak dengan gol dari Portugal yang dicetak Cristiano Ronaldo di menit 15 setelah memanfaatkan umpan dari Diogo Jota.

Tertinggal 1 gol Jerman terus menggempur pertahanan Portugal, barulah di menit 35 membuahkan hasil, Ruben Dias terpaksa menciptakan gol bunuh diri setelah salah mengantisipasi tendangan dari pemain Jerman.

Jerman membalas lewat gol bunuh diri Ruben Dias. Foto: uefa.com

Empat menit berselang (39’) giliran Raphael Guerrero yang salah mengontrol bola di depan mulut gawang. Berniat ingin menyapu bola hasil operan dari Joshua Kimmich, bola justru masuk ke gawang yang dikawal Rui Patricio. Skor 2-1 untuk keunggulan Jerman bertahan hingga turun minum.

Unggul dua gol, Jerman makin agresif menekan pertahanan Portugal. Hanya 6 menit babak kedua berjalan, Kai Havertz berhasil mencatatkan namanya di papan skor. Pencetak gol tunggal di final Liga Champions musim 2020/2021 ini berhasil menceploskan bola ke gawang setelah menerima umpan sepakan dari Robin Gosens di sisi kiri.

Pemain Jerman merayakan kemenangan atas Portugal. Foto: uefa.com
Rui Patricio harus empat kali memungut bola dari gawangnya. Foto: uefa.com

Bukan tanpa perlawanan, Portugal juga memiliki sejumlah peluang namun tendangan bebas sang kapten Cristiano Ronaldo di menit ke-54 masih berada di atas mistar gawang Manuel Neuer.

Memasuki menit ke-60, Selecao das Quinas julukan timnas Portugal semakin terpuruk setelah umpan silang Joshua Kimmich dari sisi kanan Jerman berhasil ditanduk oleh Robin Gosens ke dalam gawang tanpa bisa dibendung kiper Portugal. Gosens yang dalam pertandingan ini terpilih sebagai Star of The Match berhasil mencetak 1 gol dan 1 assist.

Berusaha mengimbangi serangan Jerman, timnas Portugal akhirnya mampu memperkecil selisih gol di menit ke-67 setelah tendangan bebas Raphael Guerrero mampu diteruskan Cristiano Ronaldo ke Diogo Jota yang berdiri bebas di depan mulut gawang.

Meskipun wasit sempat meninjau Video Assistant Referee (VAR) untuk mengecek apakah terjadi offside namun akhirnya gol tetap disahkan. Skor pun berubah 4-2 untuk Jerman.

Diogo Jota memperkecil ketinggalan 2-4. Foto: uefa.com

Hingga peluit akhir dibunyikan, tak ada lagi gol tambahan tercipta, Jerman unggul 4-2 atas Portugal. Hasil ini membuat persaingan di Grup F semakin ketat, pasalnya semua tim memiliki peluang untuk lolos ke babak 16 besar.

Klasemen sementara Perancis memimpin Grup F dengan raihan 4 poin, diikuti Jerman dan Portugal yang sama-sama mengoleksi 3 poin, sementara Hungaria menjadi juru kunci dengan 1 poin. Laga terakhir pada 23 Juni nanti akan mempertemukan Portugal vs Perancis dan Jerman vs Hungaria. (tra)

Bagikan ke
  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: