Keren! Kukarland Festival 2023 Sediakan Area Prioritas untuk Penyandang Difabel

TENGGARONG – Kukarland Festival 2023 menyediakan area khusus penyandang disabilitas, fasilitas khusus ini menjadi terobosan yang dilakukan Pemkab Kukar, bahkan digadang-gadang menjadi pelopor di wilayah Kaltim.

Ketika membahas program Kukar Kaya Festival (K3F) tidak terlepas dari program di era kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah bersama Rendi Solihin.

Bagi masyarakat Kukar, program K3F ini selalu identik dengan hiburan rakyat dan sudah tidak perlu diragukan lagi. Khususnya pada event akbar Kukarland Festival yang menjadi puncak daripada K3F.

Di Kukarland Festival ini digelar hiburan rakyat gratis tanpa pungutan biaya sekaligus menyediakan area khusus disabilitas. Area ini berfungsi untuk menyediakan tempat menonton khusus kaum difabel. Selain itu Pemkab kukar juga menyediakan tempat bagi orang tua, ibu hamil hingga orang cedera.

“Kita menghargai para pengunjung disabilitas. Mereka perlu dirangkul dan perhatikan,” ujar Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar Slamet Hadiraharjo, Jumat (22/9/2023).

Seperti penyandang disabilitas tuli terdapat pendampingnya yang akan menjadi Juru Bahasa Isyarat (JBI). Langkah awal ini akan menjadi tumpuan Dispar Kukar kedepan dalam melaksanakan event.

“Event selanjutnya akan disediakan lagi bagi teman disabilitas. Namun kita juga melihat apakah venuenya memungkinkan,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin menegaskan seluruh event di Kukar diperuntukkan bagi semua kalangan, salah satunya kepada masyarakat difabel.

Khusus event kali ini, pihaknya memberikan fasilitas khusus bagi masyarakat difabel untuk turut serta dalam kemeriahan Kukarland Festival 2023.

“Kami ingin memastikan seluruh kalangan, terutama masyarakat difabel juga dapat menikmati berbagai event hiburan di Kukar,” jelasnya.

Fasilitas khusus bagi difabel menjadi terobosan yang dilakukan Pemkab Kukar, bahkan digadang-gadang menjadi pelopor di sekitar wilayah Kalimantan Timur (Kaltim).

“Ya, artinya semua event di Kukar juga ramah terhadap difabel,” tandasnya. (Adv)

Redaksi infokubar.id

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: