Kontingen Karate Kubar Raih 11 Medali di Kejurprov Borneo Championship

Kontingen Karate Kutai Barat dalam Kejurprov Borneo Championship 2022. Foto: Istimewa


OLAHRAGA, Infokubar.id 
– Prestasi kembali diukir oleh atlet asal Kutai Barat (Kubar), kali ini dari Cabang Olahraga (Cabor) Karate. Total 11 medali berhasil disabet Antonius Tekwan dkk dalam Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Karate Borneo Championship yang dilaksanakan di Samarinda pada 22-25 Juni 2022.

Kepada media ini, kepala pelatih Andry Noer Adriansyah menyampaikan bahwa untuk mengikuti kejuaraan ini jajaran pelatih telah menyiapkan atlet yang tergabung dalam FORKI Kubar sejak 3 bulan lalu.

“Dalam persiapan menuju even ini sudah disiapkan mulai 3 bulan lalu dan sudah tampil optimal,” ujar Andry.

Kejuaraan seperti ini diikuti tim karate Kubar dalam rangka persiapan menuju Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2022 di Berau bulan November mendatang.

“Beberapa nomor tanding senior digunakan untuk tolak ukur menuju PORPROV 2022 di Berau mendatang. Dengan harapan ini menjadi awal yang baik untuk Porprov di Berau nantinya,” imbuhnya.

Sementara, ia menambahkan atlet pada kelas junior juga ikut disiapkan di gelaran eksibisi menyambut even tahunan seperti O2SN, POPDA, dan Open Turnamen.

Andry yang didampingi asisten pelatih Albertus Juan, Heribertus Luhat dan Rizky Virjian Pratama mengaku bersyukur bisa mengirimkan anak asuhnya kembali turun pada kejuaraan yang diikuti 565 peserta ini.

“Even ini bisa dibilang menjadi pelepas dahaga setelah selama lebih dari dua tahun, kejuaraan harus ditiadakan karena pandemi Covid-19 yang melanda hampir di seluruh dunia,” jelas Andry.

Adapun raihan masing-masing medali dan kelas yang dipertandingkan, antara lain:

Medali Emas: Antonius Tekwan (Senior Putra, -60 kg) dan Meri (Senior Putra, +84 kg)

Medali Perak: Florianus Wisnu (Senior Putra, -60 kg), Helna Jara (Senior Putri, -55 kg), Leonardo Putra Silitonga (Senior Putra, -55 kg), Feliqiano Fernando Ngau (Putra, -55 kg)

Medali Perunggu: Maria Dwi Octavira (Senior Putri, -68 kg), Maria Octaviani (Senior Putri, -61 kg), Jhon Hizkia (U-21 Putra, 69 kg), Samuel Sima (Junior Putra, -61 kg), dan Christian Ricky (Putra, -67 kg).

Atas raihan ini, Andry menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh pihak yang mendukung kontingen yang turun di turnamen ini.

“Terima kasih atas dukungan Pemerintah Kutai Barat, Dispora Kutai Barat, KONI Kutai Barat, FORKI Kutai Barat, Pengurus Kampung Pepas Asa yang ikut membantu sehingga hasil yang didapatkan ini bisa diperoleh,” pungkasnya.

Ia berharap cabor karate mendapatkan perhatian lebih, apalagi cabor ini aktif menyumbang medali terbanyak ketiga di Porprov yang lalu untuk Kubar. Sehingga bukan tidak mungkin kesuksesan itu dapat diulang kembali pada Porprov Berau nanti.

Andry juga mengajak masyarakat Kubar, khususnya anak-anak muda untuk bergabung di karate terlebih bisa berprestasi dan ikut mengharumkan nama Kubar di tingkat yang lebih tinggi.

“Semoga minat muda untuk berpretasi melalui olahraga karate lebih banyak lagi, karena ikut bela diri ini bagus untuk pertumbuhan baik karakter maupun fisik. Sehingga ke depannya bisa mencetak atlet karate terbaik untuk dapat berprestasi pada tingkat provinsi bahkan nasional,” tutupnya. (tra/man)

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: