Kukar Sambut IKN, Pengurus Kecamatan Dilantik di Kekraf Fest

TENGGARONG, Infokubar.id – Sebagai rangkaian ‘Kukar Full Senyum’, Kekraf Fest sukses digelar pada Jumat (24/11) malam tadi.  Event ini dirangkai dengan pelantikan pengurus Komite Ekonomi Kreatif (Kekraf) kecamatan Muara Kaman, Samboja Barat dan Anggana. Juga dengan penampilan Mr Jono Joni dan Virzha. Yang sukses menghibur ribuan jiwa di Taman Kota Raja, Tenggarong.

Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rendi Solihin mengatakan event ini sesuai dengan misi program Kukar Kaya Festival (K3F). Yakni menggerakkan ekonomi masyarakat sekaligus memberi panggung artis lokal. Dan berdasarkan Kekraf Fest malam tadi. Antusias masyarakat terbukti sangat tinggi.

“Allhamdullilah antusiasme masyarakat cukup tinggi. Dan kita juga merangkai ini dengan pelantikan Kekraf bagi tiga kecamatan,” tutur Rendi.

Pengukuhan Kekraf kecamatan sendiri disebut Rendi sangat penting. Baginya, peran pemuda Kukar menyambut Ibu Kota Nusantara (IKN). Dengan berbagai event gelaran Pemkab Kukar. Kekraf kecamatan juga harus ikut berperan membangkitkan ekonomi kreatif dan potensi di wilayah mereka masing-masing.

Menurutnya, pembentukan Kekraf kecamatan juga dapat membantu Kekraf Kukar. Yang menjadi ujung tombak dalam membangun ekonomi kreatif di seluruh kecamatan di Kukar. 

Untuk itu Rendi berharap mereka dapat memaksimalkan potensi yang memberdayakan. Terkhususnya di 19 subsektor ekonomi kreatif.

“Itu semua harus terangkum dalam Kekraf. Mereka harus memantau di setiap kecamatan dan itu harus disampaikan kepada kami untuk dikembangkan. Kami di Pemkab kukar telah berkomitmen untuk siap memfasilitasi hingga 20 kecamatan,” tutup Rendi.

Sementara itu, Plt Ketua Kekraf Kukar Akbar Haka mengatakan pengurus kecamatan ini diharapkan bisa bersiap menghadapi kehadiran IKN. Kukar, sebagai mitra IKN sudah seharusnya berperan dalam pembangunannya. Dan hingga tahun 2024, Akbar pastikan Kekraf akan terbentuk di 20 kecamatan. Juga dapat mengkurasi 19 subsektor ekraf.

Sejauh ini diungkapkan Akbar sudah ada 13 Kekraf kecamatan. Dan melalui pelantikan ini juga, Akbar harap para pengurus kecamatan bisa kerja cepat. Mengingat nantinya akan ada jutaan pemuda datang ke IKN. Diharapkan Kekraf kecamatan bisa bermitra dengan mereka. Sehingga bisa membawa nama Kukar dan mampu bersaing dengan mitra ibukota.

“Target kita mereka berdaya. Dalam arti saat event berjalan mereka menjadi lokomotif dk kecamatan. Bisa berdayakan UMKM lokal, bertemu talent-talent, menjadi event organizer dan memutar roda ekonomi. Harapan kami juga mereka punya unit bisnis yang menghidupi teman-teman di kecamatan itu,” harap Akbar. (Adv/Diskominfo Kukar)

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: