Launching Produk Olahan Ikan di Kelumpang, Dikelola Kelompok Wanita Nelayan

SENDAWAR, Infokubar.id -Kelompok Wanita Nelayan Kenohan Baru (KWNKB) Kampung Kelumpang Kecamatan Mook Manaar Bulatn baru saja meluncurkan produk olahan pangan perikanan dalam bentuk kemasan seperti kerupuk ikan dan abon ikan kendia. Launching dilakukan bersama Sekretaris Daerah Kutai Barat Ayonius pada Rabu (31/8/2022).

Ayonius mengatakan peluncuran produk olahan tersebut bisa menjadi pendorong dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan, terutama menambah penghasilan rumah tangga.

“Menggeluti usaha yang dirintis, harus sabar dan konsisten. Jangan setengah hati mengembangkannya,” ujar Ayonius dilansir Prokopim Kubar.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan itu berpesan kepada KWNKB agar usaha tersebut dapat maju maka setiap hal harus diperhatikan. Pemerintah ambil peran dalam bentuk penganggaran melalui APBD selain juga mendapatkan bantuan dari Kementerian dan Pemerintah Provinsi Kaltim.

“Dinas Perikanan bersama perangkat daerah terkait lebih intensif melakukan pembinaan dan pelatihan yang lebih tepat sasaran sehingga pengolahan produk nantinya dapat lebih efektif dan efisien yang berimbas dengan peningkatkan nilai jual olahan,” pungkas Ayonius.

Lebih lanjut, ia menambahkan jika produk dari luar Kubar berhasil menjadi komoditi jualan yang laku dan berhasil karena memiliki keunggulan. Di antaranya memiliki rasa yang enak, pengemasan menarik, memiliki sertifikasi halal, ijin usaha, perizinan produksi industri rumah tangga (IPRT), memiliki sumber daya manusia dan sistem manajemen pemasaran yang handal.

“Semua produk kemasan Kubar harus memiliki beberapa standar, syarat, dan kriteria itu, sehingga memudahkan memasarkannya baik itu di supermarket, toko swalayan maupun Indomaret,” terangnya.

Dikarenakan target pasarnya saat ini bukan sebatas perorangan yang dikenal, tetapi lebih luas. Sehingga dengan pengelolaan yang tepat diharapkan menjadi wadah untuk terciptanya lapangan pekerjaan seiring dengan meningkatnya penjualan produk ini nantinya. (*)

Penulis: Fitra Mayca

Editor: Lukman Hakim

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: