Wow! Kutai Barat Pecahkan Rekor MURI Memakai Seraung Terbanyak

Bupati Kutai Barat,(tengah) bersama Wakil Bupati dan Perwakilan MURI saat menerima piagam penghargaan rekor MURI pada peringatan HUT Kutai Barat ke-23, Sabtu (5/11/2022) di Taman Budaya Sendawar. (Foto: Fitra/infokubar.id)

SENDAWAR, Infokubar.id – Kabupaten Kutai Barat (Kubar) baru saja berhasil memecahkan rekor bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-23. Penggunaan seraung dengan peserta terbanyak sejumlah 11.553 orang itu tercatat di Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI).

Bupati Kubar FX Yapan menerima langsung piagam penghargaan yang diserahkan langsung oleh Direktur Operasional MURI, Yusuf Ngadri dalam acara tersebut.

Penyerahan yang dilakukan pada perayaan Dahau di Taman Budaya Sendawar (TBS), Barong Tongkok pada Sabtu (5/11/2022) itu disaksikan tamu undangan dan belasan ribu masyarakat yang hadir.

Bupati mengucapkan terima kasih atas Kerjasama yaqg baik seluruh pihak yang terlibat dalam pemecahan rekor MURI ini. Imbuhnya terselenggaranya kegiatan ini tak hanya untuk pemecahan rekor semata melainkan juga untuk lebih memperkenalkan produk lokal khas Kubar.

“Terima kasih kepada masyarakat Kubar yang menjadi peserta seraung terbanyak yang berhasil masuk rekor MURI. Seraung ini adalah milik kita bersama, bahkan milik bangsa Indonesia,” kata Yapan.

Belasan ribu masyarakat memakai seraung di Taman Budaya Sendawar. (Foto: Roy Ijonk)

Bupati berharap lewat momentum ini bisa dijadikan sejarah baru bagi Kubar utamanya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya pengrajin seraung.

“Pemecahan rekor MURI tentunya ini menjadi kebangaan bagi kita semua bahwa di tengah era modern, kita tetap mampu mempertahankan salah satu tradisi nenek moyang kita, yaitu memakai seraung,” ungkapnya.

Selain pemecahan rekor, acara juga dirangkai dengan pemotongan tumpeng dan dimeriahkan karnaval budaya dari 16 kecamatan se-Kubar. Perwakilan kecamatan menampilkan persembahan khas daerah masing-masing disambut riuh tepuk tangan penonton.

Sejumlah tamu kehormatan turut hadir dalam perayaan, di antaranya Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Aji Muhamad Arifin, Anggota DPD RI Zainal Arifin, Wakil Bupati Mahulu Yohanes Avun, anggota DPRD Provinsi Kaltim, Ketua DPRD Kubar Ridwai, anggota DPRD Kabupaten Barito Utara, unsur Forkopimda serta undangan lainnya. (*)

Penulis: Fitra Mayca | Editor: Lukman Hakim

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: