Masyarakat Boleh Mudik Lebaran, Asal Sudah Vaksin

Gelar pasukan Ops Ketupat Mahakam 2022 di Halaman Mapolres Kubar. (Foto: infokubar.id)

SENDAWAR, Infokubar.id – Pemkab Kubar bersama dengan Polres Kutai Barat dan Kodim 0912/KBR bersinergi memastikan keamanan pelaku perjalanan pada lebaran tahun 2022 ini.

Berbeda dengan Idulfitri tahun lalu, tahun ini pemerintah memberikan kelonggaran-kelonggaran, di antaranya boleh mudik berkumpul bersama keluarga dengan catatan telah melaksanakan vaksin booster.

“Yang jelas tidak ada penyekatan pada saat pengamanan arus mudik maupun arus balik. Para pemudik diharapkan menjaga protokol kesehatan masing-masing,” kata Wakil Bupati Kubar Edyanto Arkan saat memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat Mahakam pada Jumat (22/05/2022) sore.

Orang nomor dua di Kabupaten Beradat ini juga menegaskan pelaku perjalanan yang belum mendapat vaksin booster agar segera divaksin. Ia juga menegaskan, setidaknya masyarakat minimal sudah mendapat vaksin dosis kedua.

“Bagi yang belum vaksin saya minta juga untuk melakukan rapidtest antigen. Kita semua menjaga protokol kesehatan. Yang penting tidak ada pos penyekatan di semua daerah,” tegas Wabup.

Kapolres Kubar AKBP Sonny Henrico PS mengatakan, pihaknya juga akan menyiapkan 11 pos, antara lain pos terpadu, pelayanan, dan pengamanan.

“Untuk personel kita siapkan 210 orang, terdiri dari TNI/Polri dan instansi terkait lainnya,” ujar Kapolres didampingi Dandim 0912 Letkol Kav Yudhi Prasetyo di halaman Mapolres Kubar.

Sebelumnya pemerintah telah menetapkan libur nasional pada 2 dan 3 Mei serta cuti bersama pada 29 April dan 4-6 Mei. Operasi Ketupat Mahakam akan digelar selama 12 hari, mulai 28 April sampai 9 Mei 2022 untuk memastikan arus mudik menjelang dan sesudah Idulfitri berjalan lancar. (tra/man)

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: