Meriahkan Hardiknas 2022, PGRI Bongan Gelar Kegiatan dan Lomba

SENDAWAR, Infokubar.id – Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Cabang Bongan mengadakan berbagai lomba dari tingkat TK, SD, SMP, SMA, bahkan sampai PTK.

Perlombaan dipusatkan di SDN 007 Kampung Jambuk, Kecamatan Bongan berlangsung dari tanggal 23 sampai 25 Mei 2022.

Untuk siswa jenjang TK, kegiatan yang diperlombakan adalah mewarnai, menari, dan menyanyikan lagu wajib. Sedangkan untuk jenjang SD, dilaksanakan cerdas cermat, senam kreasi, cipta baca pantun, gobak sodor (asin naga) menghafal teks proklamasi dan Pancasila.

Kemudian untuk jenjang SMP, kegiatan yang diperlombakan adalah baris-berbaris, cipta baca puisi, menyanyi lagu daerah, tari daerah, dan catur. Lalu untuk SMA sederajat, diadakan lomba menyanyi lagu daerah, membuat vlog promosi sekolah, fotografi, dan daur ulang sampah.

Tak hanya pelajar, bahkan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan juga diadakan lomba guru menulis dan membuat video pendek.

Kesemian daerah yang ditampilkan oleh siswa sekolah.

Pelaksanaan lomba juga mendapat dukungan langsung dari pemerintah Kampung Jambuk, perusahaan yang beroperasi di Kecamatan Bongan, para pengusaha, dan berbagai elemen masyarakat lainnya.

Adapun untuk upacara Memperingati Hari Pendidikan Nasional telah dilaksanakan pada tanggal 13 Mei lalu, mengingat tanggal 2 Mei bertepatan dengan hari Idul Fitri.

“Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan pemberian penghargaan kepada beberapa tokoh pemerhati pendidikan yang ada di Kecamatan Bongan yang telah banyak berkontribusi memajukan pendidikan. Hal ini bertujuan untuk memotivasi seluruh masyarakat agar selalu memberikan dukungan penuh pada pendidikan di Kecamatan Bongan,” kata Antonius Sugianto, Ketua PGRI Cabang Bongan di sela-sela kegiatan.

Antonius melanjutkan, kegiatan PGRI Cabang Bongan ini merupakan program kerja pertama setelah terbentuknya kepengurusan PGRI baru periode 2021-2025. Sebelumnya, berbagai kegiatan PGRI sempat tertunda akibat pandemi COVID-19 yang kasus infeksinya cukup tinggi di Kutai Barat.

“Tidak hanya kegiatan ini, ke depan kami pengurus PGRI Cabang Bongan juga akan mengadakan seminar daerah yang merupakan program kerja dalam rangka memperingati hari guru tahun ini. Insya Allah prosesnya akan kita mulai Agustus nanti,” ujar Antonius. (tra/man)

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: