Nakes Mendapat Booster Vaksin Moderna di Alun-alun ITHO

  • Bagikan

SENDAWAR, infokubar.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutai Barat (Kubar) melaksanakan vaksinasi ketiga khusus bagi tenaga kesehatan (nakes) atau Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) di Alun-alun Itho, Barong tongkok pada hari Jumat (20/8) kemarin. Sebanyak 303 orang mendapatkan vaksin ketiga dari Moderna yang berfungsi sebagai booster bagi tenaga kesehatan yang merupakan garda terdepan dalam menangani langsung pasien Covid-19, Jumat (20/8).

Booster vaksin diartikan sebagai vaksin Corona dosis ketiga. Dikutip dari detik.com, menurut Ketua Tim Nasional Uji Klinis Vaksin Covid-19, Kusnandi Rusmil, sebaiknya booster vaksin menggunakan platform yang berbeda dari suntikan dosis pertama dan kedua. Untuk saat ini dosis ketiga vaksin Corona masih diprioritaskan untuk tenaga kesehatan.

Kepala Dinkes Kubar dr. Ritawati Sinaga, M.Si mengungkapkan kegiatan pemberian vaksin dosis ketiga bagi nakes ini juga sudah dilaksanakan di Puskesmas dan RSUD HIS sedangkan secara massal di Alun-alun Itho. Kegiatan vaksin ketiga ini untuk melengkapi nakes yang menangani langsung pasien atau orang yang terkonfirmasi Covid-19.

Vaksinasi dosis ketiga untuk nakes di Alun-alun Itho. (Sumber: Humas Kubar)

“Baik itu SDMK yang ada di puskesmas, klinik maupun rumah sakit sehingga semua SDMK bisa bertahan. Karena sudah di vaksin ketiga, diharapkan walaupun tenaga kesehatan terkonfirmasi tidak langsung drop karena tubuhnya sudah mengenali virus yang ada. Sekali lagi vaksin ketiga diibaratkan seperti payung bagi tubuh ketika hujan kita sudah siap,” jelas dr. Rita seperti dikutip dari situs resmi Pemkab Kubar.

Kadinkes juga mengatakan masyarakat umum juga akan mendapatkan Vaksin Moderna dalam waktu mendatang.

Sementara itu, vaksinasi untuk nakes dilakukan secara bertahap. Sebagai antisipasi efek dari vaksin pada nakes dapat mengakibatkan pelayanan kepada masyarakat terganggu jika dilakukan secara serentak.

Kadiskes menambahkan untuk target vaksin ke 3, pihaknya tentu mengutamakan semua SDMK, agar lebih kuat dalam menghadapi pandemi Covid-19. Selain itu, pihaknya juga masih menunggu kuota vaksin sampai di Kubar untuk diberikan kepada masyarakat yang belum menerima vaksin Covid-19 dosis pertama maupun kedua.

Ia mengimbuhkan kepada masyarakat umum sudah cukup mendapat vaksin dosis pertama dan kedua. Namun untuk nakes sebagai garda terdepan memang sengaja dibekali dengan dosis vaksin ketiga sebagai booster. Hal ini juga sejalan dengan program pemerintah pusat untuk menjaga para tenaga kesehatan. Sementara untuk masyarakat cukup dua kali divaksin tetapi harus mengutamakan disiplin protokol kesehatan.

Berdasarkan data Dinkes Kubar, capaian vaksin dosis pertama mencapai 34.199 orang (25,6%) sementara vaksin dosis kedua mencapai 24.163 orang (18,1%).  Data selengkapnya terkait capaian vaksinasi di Kubar dapat dilihat pada infografis di bawah ini.

Saat ini kegiatan vaksinasi terus berjalan dan penyuntikan vaksin dilaksanakan jika kuota vaksin di Kubar tersedia. Berdasarkan informasi yang dihimpun, Kubar akan mendapatkan 430 vial Vaksin Moderna, artinya vaksin tersebut bisa diberikan kepada 4.300 orang. Berdasarkan data dari produsen Moderna Inc., vaksin Moderna, atau mRNA-1273 diklaim memiliki tingkat efikasi mencapai 94,1% dalam uji klinis skala besar berkelanjutan. (tra/man)

Bagikan ke
  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: