Nasib Puskesmas Sekolaq Darat, 16 Tahun Tanpa Ambulans

  • Bagikan

SENDAWAR, Infokubar.id – Nama UPT Puskesmas Sekolaq Darat belakangan ramai diperbincangkan. Pasalnya fasilitas kesehatan yang berada di ring satu ibu kota kabupaten itu sudah 16 tahun belum memiliki kendaraan ambulans.

Persoalan itu terungkap saat rapat kerja tim Satgas Covid-19 dan DPRD Kubar di Gedung DPRD Kubar pada Selasa (07/09) lalu. Anggota dari Fraksi Demokrat, Noratim mengaku heran ada puskesmas yang tidak memiliki kendaraan khusus menangkut pasien. Dia pun mendorong kepada Puskesmas untuk segera menyampaikan usulan pengadaan ambulans ke Dinas Kesehatan.

“Nanti DPRD mendorong agar Dinas Kesehatan memprioritaskan usulan tersebut. Jangan ragu karena ini kepentingan masyarakat, sampaikan semua,” tandas Noratim.

Sementara Kasubag Tata Usaha Puskesmas Sekolaq Darat, Teti Rodina menyebut bahwa usulan pengadaan ambulans sudah berulang kali disampaikan ke Dinkes, namun tak juga kunjung direalisasikan.

Ia mengungkapkan kalau kendaraan puskesmas yang ada hanya satu unit. Itu pun bantuan dari pemerintah pusat tahun 2006 silam.

“Cuma itu (mobil) puskesmas keliling bukan ambulans. Kalau ambulans kan harus ada peralatan. Ini tidak ada,” ujar Teti.

Teti juga menyampaikan perihal Puskesmas Sekolaq Darat yang alami kekurangan tenaga dokter.

“Dokter kami cuma dua orang, satu TKK satu PNS. Kita sudah usulkan itu juga ke dinas. Dokter gigi ada satu orang,” jelasnya.

Teti mengaku minimnya tenaga dokter itu membuat puskesmas yang melayani 8 kampung itu kewalahan. Apalagi saat ini ada banyak kegiatan di lapangan seperti pelayanan vaksinasi Covid-19 dan imunisasi.

Sementara terkait penanganan Covid-19 di Puskesmas Sekolaq Darat sejauh ini menurutnya berjalan baik. Hanya saja persediaan alat pelindung diri (APD) masih terbatas. Sehingga untuk pelayanan pasien isolasi mandiri maupun yang berobat ke puskesmas menjadi kurang maksimal.

Dalam rapat kerja kali ini, DPRD Kubar mengundang perwakilan Dinas Kesehatan, Direktur RSUD HIS, Plt. Kepala BPBD Kubar serta perwakilan dari UPT Puskesmas Melak, Sekolaq Darat, dan Linggang Bigung. (tra/man)

Bagikan ke
  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: