Ratusan Pelajar di Kutai Barat Ikuti Seleksi Paskibraka

Peserta seleksi Paskibraka tingkat kabupaten Kutai Barat tahun 2023 di Stadion Swalas Gunaaq. (Foto: Istimewa)

SENDAWAR, Infokubar.id – Dalam rangka jelang persiapan perayaan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia, seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kabupaten Kutai Barat tahun 2023 mulai digelar. Tak kurang 400 pelajar mengikuti seleksi terbuka yang digelar di Stadion Swalas Gunaaq, Barong Tongkok, Senin (6/3/2023).

Kegiatan ini digelar oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Kubar selama 3 hari, mulai 6 sampai 8 Maret 2023. Proses tahapan seleksi dilakukan oleh tim penguji dari Dispora Kubar dibantu oleh Kodim 0912/Kbr, Polres Kubar serta Pengurus Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kubar.

Kepala Dispora Kubar Gamas Laden menjelaskan, seleksi paskibraka tingkat kabupaten tersebut diikuti sebanyak 400 peserta dari seluruh SMA, SMK, dan MA di Kabupaten Kubar.

“Dari 400 peserta yang mengikuti seleksi, nantinya 45 orang yang terpilih akan dikarantina selama 22 hari. Selain itu, juga akan ada 4 orang yang dikirim untuk seleksi di tingkat provinsi,” jelasnya.

Bupati Kubar FX Yapan dalam sambutannya yang diwakili Asisten 1 Syaidirahman menyambut dengan bangga pelaksanaan seleksi paskibraka tahun ini. Ia meyaniki kegiatan ini merupakan wahana yang sangat tepat dalam meningkatkan mental dan disiplin bagi para generasi muda.

“Ikuti seluruh rangkaian proses seleksi ini dengan sungguh-sungguh, tampilkan seluruh kemampuan yang terbaik yang ada pada dirimu bahwa kamu memang merupakan siswa dan siswi terbaik yang ada di Kubar ini,” ujarnya.

Bupati juga berpesan kepada Dispora sebagai pelaksana agar kegiatan ini tidak hanya dijadikan sebagai rutinitas belaka melainkan juga ada peningkatan kualitas dari persiapan sampai pelaksanaannya.

Lebih lanjut, Bupati berharap agar kegiatan seleksi calon paskibraka dilakukan dengan penuh kesungguhan dan seluruh tim seleksi untuk melakukan penilaian yang seobjektif mungkin, agar hasil yang didapatkan nanti benar-benar berkualitas. Sehingga anggota paskibraka yang terpilih nanti sukses membawa misi sebagai anggota paskibraka dan ikut mengharumkan nama sekolah, dan daerah serta menjadi kebanggaan keluarga mereka.

“Kalian sebagai generasi masa depan yang maju dan unggul yang menguasi ilmu pengetahuan dan teknologi teruslah berkarya selain itu kalian harus memiliki integritas kepribadian yang baik, mental yang kokoh, ulet dan pantang menyerah, dan berjuang demi kemajuan kabupaten yang kita cintai ini,” pesannya kepada seluruh peserta dan tim seleksi. (*)

Penulis: Fitra Mayca | Editor: Lukman Hakim

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: