Satu-satunya Asal Kubar, Fabianus Tiyo Wakili Kaltim di Ajang Pemuda Pelopor Nasional

SENDAWAR, Infokubar.id – Wakil asal Kutai Barat, Fabianus Tiyo berhasil lolos ke ajang Pemuda Pelopor 2023 tingkat nasional. Hal itu setelah dirinya dinobatkan sebagai pemenang Pemuda Pelopor tingkat provinsi Kaltim bidang Agama, Sosial, dan Budaya.

Pengumuman digelar di Hotel Harris, Samarinda pada Selasa (13/6/2023). Pemuda 24 tahun kelahiran Tanjung Isuy, Kec. Jempang itu berhasil menyisihkan perwakilan dari Samarinda dan Berau dalam tahap penilaian yang digelar oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kaltim.

“Puji Tuhan saya lolos ke Nasional mewakili Kalimantan Timur,” tulisnya singkat saat dikonfirmasi infokubar.id.

Pencapaian ini terasa manis karena Tiyo menjadi wakil asal Kubar pertama yang bisa menembus ajang ini di tingkat nasional.

Selanjutnya, Tiyo bersama 4 pemuda pelopor dari kategori berbeda akan membawa nama Kaltim di kancah nasional bersaing dengan perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia.

Proses seleksi pemuda pelopor tingkat provinsi Kaltim tersebut telah dilakukan terhitung sejak Senin (29/5/2023). Proses seleksi diawali dengan proses administrasi dan presentasi kepeloporan yang dilakukan secara daring oleh peserta dan kemudian ditanggapi serta didalami lebih lanjut oleh tim juri pembahas.

Penyelenggaraan seleksi dilaksanakan secara berjenjang dimulai dari tingkat Kabupaten/Kota, tingkat Provinsi sampai ke tingkat Nasional.

“Dari hasil tahap satu ini yang juga menelusuri jejak digital masing-masing peserta, kita akan menentukan siapa-siapa yang lolos ke tahap  fact finding atau peninjauan lapangan,” jelas Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Rasman dilansir laman resmi Dispora.

Sementara Kadispora Kubar, Gamas Laden memberikan apresiasinya kepada Tiyo. Jajarannya akan mendukung pemuda di Kubar khususnya agar bisa berkreasi dan berkompetisi sesuai bidang keahliannya.

“Ini membuktikan bahwa pemuda kita juga memiliki kemampuan yang tidak kalah dengan daerah lainnya. Hanya saja sering tidak mendapat informasi dan kesempatan mengikuti kompetisi kepemudaan di tingkat lokal maupun nasional,” ujar Gamas kepada media ini. (*)

Penuli: Fitra Mayca | Editor: Lukman Hakim

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: