Selama Periode Isran-Hadi, 6.784 Pelajar dan Mahasiswa Kubar Terima BKT

Imania Ragasanti saat menerima simbolis Beasiswa Kaltim Tuntas di Kampung Sekolaq Darat, Kamis (14/9/2023). (Foto: infokubar.id)

SENDAWAR, Infokubar.id – Sebanyak 6.784 pelajar dan mahasiswa di Kabupaten Kutai Barat menjadi penerima Beasiswa Kalimantan Timur (BKT) selama kurun waktu 2019-2023. Total anggaran yang disalurkan mencapai Rp29,2 miliar. Bahkan khusus di tahun 2023 ini, penerima BKT di Kubar berjumlah 3.575 pelajar dan mahasiswa dengan total Rp12,9 miliar.

“Selama lima tahun ini sekitar Rp1,2 triliun anggaran kita alokasikan untuk program Beasiswa Kalimantan Timur,” kata Gubernur Kaltim Isran Noor usai menyerahkan secara simbolis BKT kepada 6 perwakilan dari jenjang pendidikan SD, SMP, SMA dan peguruan tinggi di Kampung Sekolaq Darat, Kamis (14/9/2023).

Sebagai informasi, BKT menjadi beasiswa terbesar kedua di Indonesia setelah Beasiswa LPDP. Hampir 200 ribu pelajar dan mahasiswa sudah mendapatkan BKT ini.

“Semoga bermanfaat dan manfaatkan sebaik-baiknya,” tambah Gubernur.

Terlaksananya program BKT selama lima tahun terakhir di era kepemimpinannya bersama Wagub Hadi Mulyadi, karena adanya kerja sama yang baik dengan DPRD, sehingga mudah dalam pelaksanannya.

Fokus utamanya adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia Kaltim. Setelah pelaksanaan BKT, akhirnya Kaltim mendapat berkah. Di antaranya, semakin meningkatnya pendapatan daerah yang berimbas pada peningkatan APBD Kaltim setiap tahunnya.

“Bahkan di tahun 2023 ini, setelah perubahan, APBD Kaltim untuk pertama kalinya sepanjang sejarah Kaltim menembus angka Rp25 triliun,” ungkapnya.

Salah satu penerima BKT Tuntas jenjang pendidikan S2, Imania Ragasanti yang merupakan guru SD Negeri 6 Barong Tongkok menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemprov Kaltim. Khususnya Gubernur dan Wakil Gubernur yang telah melaksanakan program BKT untuk putra dan putri daerah.

“Saya sangat berterima kasih kepada Pemprov Kaltim yang telah memberikan Beasiswa Kaltim Tuntas kepada kami untuk jenjang S2, karena kami sangat membutuhkan itu untuk meng-upgrade ilmu pengetahuan demi siswa-siswi kami khususnya di Kabupaten Kutai Barat. Harapan kami program beasiswa ini bisa terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya dan semakin banyak putra putri daerah yang merasakan manfaatnya,” ujar Imania yang menerima BKT Tuntas untuk program S2 (4 semester).

Diketahui, selama kurun waktu lima tahun (2019-2023) kepemimpinan Gubernur Isran Noor dan Wakil Gubernur Hadi Mulyadi anggaran yang telah dialokasikan melalui APBD Kaltim sebesar Rp1,1 triliun (belum termasuk alokasi sebesar Rp125 miliar di APBD Perubahan Kaltim 2023) dan penerima beasiswa sebanyak 176.953 orang.

Penerima BKT tersebar di seluruh kabupaten/kota se-Kaltim mengingat pola pendaftaran menggunakan sistem online yang memungkinkan pendaftar mengakses dengan mudah. Atas capaian ini, Pemprov Kaltim pada 31 Agustus 2023 lalu menerima penghargaan Indonesia Awards 2023 untuk Kategori Outstanding Award for Integrated Initiative atas inisiatif Beasiswa Kaltim Tuntas. (*)

Penulis: Fitra Mayca | Editor: Lukman Hakim

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: