Sempat Viral Karena Kendala Biaya, Febrio Ikut Seleksi GBN di Jakarta

SENDAWAR, Infokubar.id – Hampir saja kendala biaya memupus asa Febrio mengikuti seleksi Gita Bahan Nusantara di Jakarta baru-baru ini. Bahkan kisahnya sempat viral di berbagai media karena minimnya dukungan finansial untuk bekal keberangkatannya ke ibu kota.

Febrio Iyo adalah pemuda asal Kampung Ombau Asa, Kecamatan Barong Tongkok yang piawai dalam bermain sape’, alat musik etnik khas suku Dayak. Tak hanya itu, pemuda yang akrab disapa Iyo itu juga memiliki segudang prestasi, termasuk menjadi Duta Budaya Kubar dan Duta Budaya Favorit Kaltim 2023.

Pemuda satu ini memiliki motivasi tinggi untuk menjadi putra Kubar pertama yang tampil di istana IKN Nusantara, seiring rencana pemerintah menggelar peringatan detik-detik proklamasi di ibu kota baru tanggal 17 Agustus 2024 mendatang.

Namun, mimpinya itu hampir pupus lantaran biaya perjalanan dan selama seleksi yang terbilang cukup besar.

“Biaya perjalanan dari Kubar ke Samarinda, lalu ke Balikpapan dan ke Jakarta cukup besar. Apalagi jika dihitung biaya pesawat pulang-pergi, angkanya mencapai belasan juta rupiah,” ungkap Iyo dilansir RRI Sendawar, Sabtu (25/5/2024).

Bukannya fokus menyiapkan diri untuk seleksi, pikiran Iyo justru terbagi karena harus memikirkan semua biaya yang harus ia tanggung sendiri. Proposal bantuan yang diajukan ke pemerintah daerah hingga perusahaan juga tak kunjung mendapat respon.

Beruntung ada Seraung Group yang ikut memfasilitasi beberapa kebutuhan yang Iyo perlukan, di samping juga membangun komunikasi dengan beberapa relasi untuk turut serta bersama mendukung perjuangan pemuda satu ini.

Bayan Group turut memberikan dukungannya terhadap permasalahan yang dihadapi Iyo hingga bisa melanjutkan perjalanan audisi di Jakarta.

Kemudian Iyo diberangkatkan oleh Pemprov Kaltim dan didampingi satu orang perwakilan dari Disdikbud Kaltim selama audisi.

“Pada tanggal 29 Mei lalu saya mengikuti audisi di Taman Galeri Indonesia di Jakarta. Setelah itu saya balik ke Kubar soalnya ada masih urusan lain,” terangnya.

Banyak pelajaran yang diambilnya selama menjalani audisi yang berlangsung pagi hingga malam itu. Kini ia menunggu hasil penilaian dari tim GBN. Semoga hasil terbaik diraih oleh Iyo. (*)

Redaksi Infokubar.id

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: