Tak Ada Lagi Tilang Manual di Kubar, Kasatlantas: Ini Sesuai Arahan Kapolri

Kasatlantas Polres Kubar, AKP Budi Witikno saat ditemui wartawan di ruangannya. (Foto: infokubar.id)

SENDAWAR, Infokubar.id – Ada kabar terbaru dari penegakan hukum lalu lintas, bahwa tilang manual akan resmi ditiadakan. Polisi bakal menggunakan tilang elektronik dalam melaksanakan penegakan hukum terhadap pelanggar lalu lintas.

Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya pungutan liar (pungli) saat melakukan proses tilang bagi para pengendara.

Menindaklanjuti instruksi orang nomor satu di institusi Polri, Kasatlantas Polres Kubar AKP Budi Witikno mengatakan, pelarangan ini berdasarkan instruksi Kapolri tentang Surat Telegram Nomor: ST/2264/X/HUM. 3.4.5./2022 yang menyatakan larangan melakukan tilang manual per tanggal 18 Oktober 2022.

Surat Telegram itu ditandatangani langsung oleh Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi atas nama Kapolri dengan instruksi Polantas untuk lebih memaksimalkan tilang elektronik (ETLE) baik statis maupun mobile.

Adapun mekanisme penilangan elektronik ini, kata dia, dengan mendokumentasikan pelanggaran oleh pengendara, baik pengemudi roda dua (R2) maupun roda empat.

“Jadi ketika anggota melakukan patroli, lalu ditemukan pelanggaran di jalan raya, maka anggota yan bersangkutan langsung memfoto pengendara yang melakukan pelanggaran dimaksud,” ujar mantan Kapolsek Sambaliung, Berau ini saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (26/10/2022) pagi tadi.

Oleh karena itu, ia mengimbau kepada masyarakat di Bumi Tanaa Purai Ngeriman agar selalu mematuhi aturan lalu lintas saat berkendara.

“Terutama memakai helm (bagi pengendara roda dua) dan membawa surat kelengkapan kendaraan bermotor,” kata Budi. 

Untuk diketahui, jalur yang dilakukan penerapan tilang elektronik tersebut yakni jalur protokol kabupaten. Di antaranya, jalur dua Melak-Barong Tongkok, dan wilayah komplek perkantoran bupati.

“Tak luput juga yakni jalur raya lainnya, seperti akses trans Kalimantan menuju ke ibukota Provinsi Samarinda dan jalan menuju Kabupaten Mahakam Ulu. (*)

Penulis: Fitra Mayca | Editor: Lukman Hakim

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: