Tampil Gemilang! Arung Jeram Kaltim Loloskan Tim Putra dan Putri ke PON Aceh-Sumut

OLAHRAGA, Infokubar.id – Tiket tampil di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumut bertambah untuk kontingen Kalimantan Timur. Hasil itu dipastikan setelah cabang olahraga arung jeram sukses lolos dalam kualifikasi di zona 3 untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-21 di Aceh-Sumut tahun 2024.

Kualifikasi dilaksanakan di Sungai Nimanga, Desa Timbukar, Kecamatan Sonder, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara pada 30 Agustus hingga 7 September 2023 lalu. Total ada 5 provinsi yang mengikuti babak kualifikasi di zona 3 untuk wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Pra-PON di zona III diikuti oleh Kalimantan Timur,  Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Selatan. Selain Kaltim, dua tim lainnya yang lolos ialah Sulut dan Kalsel.

“Saya senang dan bangga dengan pencapaian di babak kualifikasi Pra PON 2024 Aceh-Sumut ini karena kita bisa meloloskan tim putra dan putri sekaligus,” ujar pelatih arung jeram Kaltim, Mikhael Henry Smith kepada media ini.

Selanjutnya untuk menyambut ajang sesungguhnya tahun depan, Mikhael menyebut jajaran pelatih akan menyiapkan tim sebaik mungkin. Tentunya dengan program latihan yang terukur untuk bisa bersaing meraih medali melawan tim dari provinsi lain. Kontingen Kaltim seluruhnya diwakili atlet asal Kutai Barat.

Pra PON ini akan mempertandingkan empat disiplin lomba, yakni sprint, head to head, slalom, dan down river race (DRR). Total Kaltim mengoleksi 6 emas, 3 perak, dan 5 perunggu dari 4 kategori yang diikuti.

– Kategori Sprint (R4 Women rank 1; R6 Men rank 3; R6 Woman rank 1)

– Kategori Head to Head, R4 Men rank 3, R4 Women rank 1, R6 Men rank 3, R6 Woman rank 1)

– Kategori Slalom (R4 Men rank 3; R4 Woman rank 2; R6 Men rank 2; R6 Woman rank 1)

– Kategori Down River Race (R4 Men rank 3; R4 Woman rank 1; R6 Woman rank 2)

Tim pelatih yang berada dalam naungan Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) berharap adanya dukungan dari semua pihak untuk tim arung jeram Kaltim. Terutama dalam pelaksanaan program latihan menuju PON 2024 Aceh-Sumut nanti.

“Kami FAJI Kubar selaku pembina merasa masih memerlukan sarana dan prasarana latihan. Kami juga berharap agar atlet dapat menjaga kebugaran dan kerja sama tim,” tandasnya. (*)

Penulis: Fitra Mayca | Editor: Lukman Hakim

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: