Tekan Laju Inflasi, Edi Damansyah Minta Kepala Desa Gunakan Anggaran Desa

Bupati Kukar Edi Damansyah (baju putih berpeci hitam) saat foto bersama dengan Forkompimda.

TENGGARONG, Infokubar.id – Bupati Kukar Edi Damansyah meminta seluruh kepala desa untuk dapat memanfaatkan anggaran desa dalam menekan laju angka inflasi.

Hal itu dikatakan Bupati Edi saat memberi sambutan pada gerakan pangan murah serentak se-Indonesia di halaman Kantor Bupati, Senin (16/10/2023).

Kepala desa, kata dia, dapat menggunakan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa.Tujuannya, agar inflasi dapat dikendalikan sehingga masyarakat mendapatkan pangan dengan harga yang terjangkau.

“Saya minta kepala desa untuk melakukan langkah-langkah pengendalian inflasi dengan menghimpun data harga harian,” ucapnya.

Dari data tersebut, pemerintah desa dapat mengetahui kenaikan maupun penurunan harga pangan. Sehingga dapat dilakukan langkah-langkah preventif oleh pemerintah setempat.

Selain itu, Edi juga meminta pemerintah desa untuk mengoptimalkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) maupun koperasi yang ada untuk selalu memastikan cadangan pangan bisa terpenuhi.

Ia menambahkan, peran pasar desa juga menjadi bagian penting dalam menekan angka inflasi. Dengan cara memperluas jaringan dalam pelaksanaan operasi pasar.

“Sehingga dampaknya adalah inflasi bisa terkendali. Masyarakat kita tidak kesulitan untuk mendapatkan pangan murah,” tutupnya. (Adv/Diskominfo Kukar)

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: