Tingkatkan Kualitas SDM, Pemkab Kubar Beri Beasiswa di Sekolah Terbaik

Pelajar SMA Taruna Nusantara asal Kutai Barat yang mendapat beasiswa utusan dinas. (Foto: Istimewa)

SENDAWAR, Infokubar.id – Sebanyak 10 orang pelajar terbaik dari Kutai Barat mendapatkan beasiswa utusan daerah di sekolah menengah atas terbaik dalam negeri, sebut saja SMA Taruna Nusantara Magelang dan SMA Krida Nusantara Bandung.

Sebanyak 6 pelajar aktif melaksanakan perjanjian kerjasama antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kubar dengan siswa SMA Taruna Nusantara dan siswa dari SMA Krida Nusantara bertempat di Kantor Disdikbud Kubar, Rabu (27/04/2022) lalu.

Ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah Kubar untuk menyediakan sumber daya manusia berkualitas. Tidak tanggung-tanggung, Pemkab Kubar melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) memberikan beasiswa utusan daerah dengan kuota 10 orang pelajar setiap tahunnya. Masing-masing terdiri dari 5 orang pelajar di SMA Taruna Nusantara Magelang, Jawa Tengah dan 5 orang pelajar di SMA Krida Nusantara Bandung, Jawa Barat.

Dua sekolah ini dipilih Pemkab Kubar karena selama ini memiliki reputasi dan prestasi terbaik dalam berbagai ajang olimpiade akademik maupun olahraga. Tak hanya itu, lulusannya bahkan banyak diterima di universitas negeri terbaik di Indonesia dan luar negeri.

Selain itu, sekolah berasrama ini dibina oleh TNI sehingga kedisiplinan dan moral pelajar dijunjung tinggi sehingga diharapkan dapat mencetak generasi berkahlak dan berkualitas.

Pelajar SMP ini diseleksi secara ketat oleh sekolah masing-masing. Bagi siswa yang lulus akan menerima beasiswa utusan daerah secara penuh. Pada tahun 2022 ini satu pelajar diterima di SMA Taruna Nusantara dan tiga orang pelajar diterima di SMA Krida Nusantara. Sejak tahun 2020 hingga tahun 2022 ini, tercatat sebanyak 4 orang pelajar telah diterima di SMA Taruna Nusantara magelang dan 6 orang pelajar diterima di SMA Krida Nusantara.

Kepala Disdikbud Kubar, Silvanus Ngampun mengatakan pelajar-pelajar terbaik ini diharapakan akan menjadi SDM Kubar berkualitas yang memiliki peluang besar untuk masuk di akademi militer maupun kepolisian.

“Program ini merupakan program unggulan, karena untuk mempersiapkan kader-kader ke depanuntuk masuk ke perguruan tinggi kedinasan khususnya akademi militer dan kepolisian. Dengan ini mereka punya peluang lebih besar untuk masuk ke sana,” terang Silvanus.

Diharapkan di kemudian hari akan ada perwira maupun petinggi TNI/Polri dari Kubar. Tak hanya itu, lulusan dari dua sekolah ini nantinya akan ada profesi-profesi berkualitas cetakan dari sekolah itu.

Para pelajar dari dua sekolah ini, mengakui sistem pendidikan yang mereka jalanai saat ini lebih baik apalagi mereka menyadari sekolah itu merupakan sekolah terbaik di Indonesia. Mereka mengaku senang atas perhatian yang diberikan oleh pemerintah daerah melalui beasiswa utusan daerah di sekolah berkulitas.

Lioni Ivana Ayu misalnya, pelajar SMA Krida Nusantara ini bersyukur telah mendapat kesempatan ini. Siswa kelas XI Angkatan 25 ini diterima pada tahun 2020 lalu bersama 1 orang rekannya dari Kubar.

“Sekolah ini berbeda dengan yang lain karena berbasis militer dan berasrama. Siswa dibentuk mental maupun karakter, mental maupun privadi yang lebih baik,” ujar Lioni. (tra/man)

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: