Atasi Kelangkaan Minyak Goreng, Kapolres Sidak ke Sejumlah Pasar

Kapolres Kubar (dua dari kanan) melakukan sidak minyak goreng di Pasar Maleo Baru (23/2/2022). (Foto: Humas Polres Kubar)

SENDAWAR, Infokubar.id – Kapolres Kubar AKBP Sonny Sirait bersama Disdagkop UMKM Kutai Barat dan Kasat Binmas AKP Abdul Mutholib melakukan “blusukan” di pasar tradisional Maleo Baru Kelurahan Barong Tongkok Rabu (23/3/2022) untuk mengecek persediaan dan harga minyak goreng jelang bulan Ramadan.

Kapolres mengatakan, kedatangannya di pasar tradisional ini tak lain untuk memastikan ketersediaan dan distribusi minyak goreng di pasar-pasar sekaligus stabilitas harga.

Kapolres dan jajarannya juga terus berupaya untuk mengkoordinasikan kepada penyedia minyak curah dan seluruh distributor agar menyalurkan produksi ke pasar-pasar, sehingga masyarakat mudah untuk mendapatkannya, baik rumah tangga maupun pedagang.

“Siang ini kita mengecek langsung terkait kelangkaan minyak goreng di sejumlah kios/pedagang pasar untuk mengetahui ketersediaan dan harga penjualannya sudah sesuai aturan yang ditetapkan oleh pemerintah atau tidak,” ungkap Kapolres.

Sementara dari hasil pengecekan dan interaksi langsung dengan beberapa penjual minyak goreng, Kapolres menyatakan bahwa proses distribusi minyak goreng dari pedagang ke konsumen sudah berjalan dengan baik.

“Tadi kita cek dan saya bertemu langsung dengan penjual minyak goreng di sejumlah pasar, masih tersedia cukup aman dan tidak mengalami kendala dalam pendistribusiannya,” terangnya.

Dari beberapa kali pengecekan di pasar untuk minyak curah ada, terlebih lagi minyak kemasan. Kalau kesediaan minyak goreng kemasan semuanya ada kesediaannya. Sedangkan untuk minyak curah semuanya memiliki, namun kesediaannya terbatas atau jumlahnya belum maksimal.

Demi memastikan stok minyak goreng aman untuk warga, Kapolres menegaskan akan melakukan pengecekan ke pasar-pasar lainnya demi terjaminnya proses distribusi dan harga jualnya.

“Ke depan kita sama-sama ingin memastikan untuk ketersediaan stok dan harganya. Harapan kita terkait harga, agar para pedagang betul-betul bisa dijaga. Kita berharap minyak goreng harganya sesuai HET yang sudah ditetapkan oleh pemerintah,” tegas Kapolres.

Selain itu, Kapolres Kubar juga menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Kutai Barat dan Mahakam Ulu agar tetap tenang dan tidak melakukan panic buying untuk membeli minyak goreng dan membeli sesuai dengan kebutuhan saja. (tra/man)

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: