Bangunan Rusak, Pustu Muara Beloan Tidak Digunakan Lagi

Kondisi Pustu Kampung Muara Beloan yang memprihatinkan dan tidak layak huni. (Foto: infokubar.id)

SENDAWARInfokubar.id – Kondisi bangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) di Kampung Muara Beloan, Kecamatan Muara Pahu rusak berat. Akibatnya, pelayanan kesehatan dipindahkan ke Posyandu. Bahkan kondisi yang memprihatinkan itu sudah berlangsung 2 tahun sehingga tidak digunakan lagi.

Ketua TP PKK Kubar Yayuk Seri Rahayu yang berkunjung ke kampung sentra penghasil ikan itu mengaku turut prihatin. Karena pustu sebagai pusat pelayanan kesehatan masyarakat, sehingga harus menjadi perhatian.

“Iya sudah rusak betul dan atapnya banyak terkelupas. Nanti saya akan sampaikan kepada dinas terkait, agar bisa segera diperhatikan,” kata Yayuk, Sabtu (11/2/2023).  

Kedatangannya bersama kelompok kerja PKK kali ini terkait persiapan Kampung Muara Beloan mengikuti lomba administrasi dasa wisma tingkat Kaltim, April 2023 nanti. PKK Muara Beloan akan mewakili Kubar, setelah meraih juara pertama lomba administrasi dasa wisma sekabupaten tahun 2022.

Sementara itu, Sekretaris Kampung Muara Beloan Heri Sandi menyebutkan, kondisi bangunan pustu yang rusak ini sudah dua tahun tidak digunakan lagi. Karena jika hujan bocor. Hal ini karena atap pustu banyak yang terlepas akibat angin kencang. 

Demikian halnya dinding pustu banyak yang rusak karena termakan usia.

“Termasuk juga dua toilet untuk pasien dan petugas kesehatan tidak dapat digunakan lagi,” kata Heri.

Adapun upaya usulan, kata dia, sudah dilakukan Pemerintah Kampung Muara Beloan melalui proposal kepada Dinas Kesehatan Kubar, sejak 2021. Kemudian disampaikan juga kepada Pemkab Kubar melalui Musrenbang Kecamatan Muara Pahu dan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) 2022, 2023, dan 2024.

“Kami memohon agar tahun anggaran 2023 ini ada upaya rehab berat bangunan Pustu Muara Beloan,” katanya.

Keberadaan Pustu Muara Beloan sangat penting agar pelaksanaan kesehatan dapat dilakukan secara maksimal kepada masyarakat. (*)

Penulis: Fitra Mayca | Editor: Lukman Hakim

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: