Beasiswa Tahap 2 Diumumkan Oktober Mendatang

SAMARINDA, Infokubar.id – Beasiswa Kaltim tahap dua segera diumumkan. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim berencana mengumumkan pada Oktober mendatang. Dengan memastikan jumlah penerima lebih banyak dari sebelumnya.

Hal ini dilakukan untuk mewujudkan visi menjadikan masyarakat Kalimantan Timur (Kaltim) yang cerdas, berkualitas dan punya daya saing. Salah satu misinya adalah menjamin terpenuhinya kebutuhan dasar masyarakat di bidang pendidikan. Melalui tersedianya akses memperoleh pendidikan yang merata bagi seluruh anak usia sekolah hingga jenjang pendidikan.

Kepala BP-BKT Kaltim Iman Hidayat memastikan, di tahap kedua ini pihaknya memberikan lebih banyak lagi kuota untuk para peserta yang telah mendaftar sebelumnya. Tentunya disesuaikan dengan ketersediaan dana dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) perubahan.

Untuk diketahui, setiap tahunnya, Pemprov Kaltim mengucurkan anggaran beasiswa bagi para putra putri daerah. Setelah sebelumnya tahap pertama terlaksana, kini Badan Pengelola Beasiswa Kaltim Tuntas (BP-BKT) memberi bakal mengumumkan Beasiswa Kaltim tahap dua pada Oktober mendatang.

“Benar,  saat ini kami sedang melakukan validasi skoring untuk penerimaan tahap kedua,” ujar Iman.

Diungkapkannya, untuk proses penyaluran pada tahap kedua ini sejatinya  tetap sama dengan tahap pertama, yaitu menentukan ranking dari pendaftar beasiswa. Namun, skoring untuk penerima beasiswa tahap kedua ini tidak setinggi tahap pertama.

Menurut imam, kuotanya juga lebih banyak dari yang sebelumnya, hal ini pun diakui Iman lumrah terjadi menjelang akhir tahun. Guna memastikan para pelajar atau mahasiswa tercukupi kebutuhannya dalam melaksanakan pendidikan.

“Namun kali ini pengumumannya akan kami lakukan serentak bagi para mahasiswa dan siswa,” tuturnya.

Sebelumnya, BP-BKT telah mengumumkan total penerima Beasiswa Kaltim sebanyak 18.336 orang peserta yang akan telah diumumkan pada 10 Agustus lalu. Diantaranya untuk kategori mahasiswa sebanyak 3.011 orang. Dengan rincian Beasiswa Tuntas Umum berjumlah 1.823 orang, sedangkan Beasiswa Tuntas Khusus berjumlah 768 orang, lalu penerima Beasiswa Tuntas Kerja Sama sebanyak  420 orang.

Selanjutnya penerima Beasiswa Stimulan untuk mahasiswa sebanyak 5.488 orang. Terdiri dari Beasiswa Stimulan Umum berjumlah 4.459 orang. Sedangkan bagi penerima Beasiswa Stimulan Khusus berjumlah 855 orang. Lalu, penerima Beasiswa Stimulan Mahasiswa Sertifikasi Keahlian dan Studi Luar Negeri berjumlah 174 orang.

Kategori terakhir, untuk penerima Beasiswa Stimulan Siswa siswa totalnya 9.837 orang. Dengan dirincian untuk kategori Beasiswa Stimulan Siswa Umum sebanyak 6.977 orang. Lalu penerima Beasiswa Stimulan Siswa Khusus berjumlah 2.858 orang, dan penerima Beasiswa Stimulan Siswa Sertifikasi Ketrampilan berjumlah 2 orang. (adv/DisdikbudKaltim)

Penulis : Lukman Hakim

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: