Bekuk Swiss 3-0, Italia Lolos ke Babak 16 Besar EURO 2020

  • Bagikan
Gli Azzuri mengamankan tiket 16 besar

Roma, Timnas Italia berhasil memastikan diri lolos ke babak 16 besar EURO 2020 setelah menaklukkan Swiss dengan hasil meyakinkan 3 gol tanpa balas.

Anak asuh Roberto Mancini menggenapi koleksi 29 laga tanpa kekalahan mereka sekaligus meraih kemenangan kedua di Grup A untuk mengamankan tempat di babak 16 besar. Bermain di Stadion Olimpico, Roma Kamis (17/6/2021) WITA dini hari skuad Gli Azzuri (julukan tim Italia) berhasil mendominasi jalannya laga.

Pada menit ke-19 sebenarnya Gli Azzuri mampu unggul terlebih dahulu lewat tendangan kapten mereka Giorgio Chiellini sebelum akhirnya dianulir wasit setelah tertangkap handball lewat VAR. Tak henti menggempur pertahanan Swiss, Italia berhasil unggul di menit ke-26 lewat sontekan Manuel Locatelli memanfaatkan umpan tarik Domenico Berardi yang menusuk dari sisi kiri pertahanan Swiss. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Pasca rehat, Italia langsung unggul kembali pada 7 menit babak kedua berjalan. Sepakan Locatelli dari luar kotak penalti berhasil menjebol sisi kiri gawang Yann Somer. Gelandang Sassuolo ini mencatat brace pertama kalinya di laga internasional bersama timnas Italia.

Sepakan keras Locatelli menggandakan keunggulan Italia atas Swiss. Foto: uefa.com

Tak berakhir sampai di situ, di penghujung laga tepatnya menit 89′ penyerang Italia Ciro Immobile turut menyumbangkan satu golnya lewat sepakan keras kaki kanan dari luar kotak penalti yang tak kuasa dijangkau Yann Sommer. Skor akhir 3-0 bertahan hingga peluit akhir pertandingan dibunyikan

Pasca pertandingan, Locatelli yang terpilih sebagai man of the match mengatakan:

“Saya sangat bangga dengan gelar (man of the match) ini tapi saya mau berbagi dengan seluruh anggota di tim, saya rasa kami adalah tim yang menakjubkan. Gol pertama untuk didedikasikan untuk keluarga. Sedangkan gol kedua untuk seluruh penggemar Italia karena kami bermain untuk membuat mereka bergembira lagi.”

Italy-Switzerland | Italy 3-0 Switzerland: Imperious Azzurri cruise into last 16 | UEFA EURO 2020 | UEFA.com

Hasil ini membuat Italia memimpin klasemen Grup A dengan 6 poin, hasil 2 kali menang. Menyisakan 1 pertandingan menghadapi Wales pada Senin (21/6/2021) WITA dini hari di Stadion Olimpico, Roma. (tra)

Bagikan ke
  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: