Besok 750 Orang Tampilkan Tari Kolosal Bentuk Formasi Selamat Ulang Tahun Kubar 

SENDAWAR, Infokubar.id – Meriahkan hari jadi ke-24 Kabupaten Kutai Barat, Minggu (5/11/2023) besok akan ada penampilan tari kolosal di Taman Budaya Sendawar. Tidak tanggung-tanggung, pertunjukan tari kolosal ini akan melibatkan 750 peserta.

“Jika dilihat dari atas, formasi tarian membentuk tulisan Selamat Ulang Tahun Kutai Barat 24,” kata Kepala Disdikbud Kubar Robertus Bandarsyah melalui Kabid Kebudayaan Benedikus, Kamis (4/11/2023) kepada infoKubar.

Tidak hanya itu, pada pertunjukan tari kolosal ini nantinya juga akan diiringi oleh alunan musik dan persembahan dari 6 etnis di Bumi Tanaa Purai Ngeriman lengkap dengan atributnya. Juga akan ditampilkan persembahan dari etnis lain seperti Toraja, Jawa, Nusa Tenggara Timur, dan Batak.

“Karena Kutai Barat dihuni berbagai etnis yang hidup bersama dengan harmonis, maka kali ini kita mengakomodir etnis lain yang mendiami kabupaten ini. Selain enam kelompok etnis besar,” terangnya.

Berdasarkan susunan acara yang dirilis panitia HUT Kubar, pertunjukan tari kolosal itu akan ditampilkan setelah apel dan pemecahan rekor MURI Mawiq Gawaakng Terbanyak selesai sekitar jam 11 siang.


Seperti diketahui, penari yang terdiri dari siswa-siswi sekolah menengah atas dan kejuruan serta sanggar tari itu sebelumnya telah disaring melalui audisi oleh tim pelatih. Hasilnya sekitar 750 penari itu telah mulai berlatih sejak awal Oktober lalu.

Persiapan tarian kolosal ini melibatkan 21 pelatih terbaik di Kubar terdiri dari 6 pelatih dan 15 asisten pelatih.

“Spesial tahun ini, selain jumlah penari yang banyak juga ada tarian nusantara. Musiknya juga lebih kaya dipadukan dengan pakaian etniknya. Menandakan Kutai Barat kaya akan budaya. Pastinya sayang untuk dilewatkan,” tandasnya. (Adv/Diskominfo Kubar)

Penulis: Fitra Mayca | Editor: Lukman Hakim

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: