Bijak dan Pintar dalam Memasuki Era Digitalisasi

  • Bagikan
Awang Ramadhani Saputra seorang Kepala Sekolah SMK Sinar Abadi Melak dengan subtema materi Keamanan Digital. Kemudian Hexanantha Sayuthi seorang Musisi dan Penulis Lagu, saat menyampaikan materinya dalam webinar literasi digital via zoom. (Dok. Infokubar.id)

SENDAWAR, Infokubar.id – Perkembangan dunia internet yang semakin pesat bagai dua sisi mata pisau, mempunyai sisi positif apabila dimanfaatkan dengan bijak dan mempunyai sisi negatif jika disalahgunakan.

Menurut data 29,3% pengguna internet menggunakan internet untuk chatting dan 24,7% berselancar di sosial media, hal ini menjadi peluang yang besar untuk berbagai informasi menyebar. 

Webinar Literasi Digital via Zoom diselenggarakan di Kabupaten Kutai Barat pada Kamis (19/8/2021) dimulai pukul 10.00 WITA. Acara yang menjadi program dari visi Presiden Joko Widodo ini dipandu oleh Septi D Ajeng sebagai moderator webinar.

Untuk diketahui, program besutan Kemkominfo RI ini menyelenggarakan 1.251 kegiatan literasi digital yang berlangsung hingga September 2021 di Bumi Tanaa Purai Ngeriman.

Dengan menghadirkan narasumber Webinar di antaranya, Awang Ramadhani Saputra seorang Kepala Sekolah SMK Sinar Abadi Melak dengan subtema materi Keamanan Digital. Kemudian Hexanantha Sayuthi seorang Musisi dan Penulis Lagu, Fransiska Yuni Fitria yang merupakan seorang akademisi atau Dosen dan Guru.

Kegiatan Literasi Digital bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab, serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. 

Tak dapat dipungkiri lagi, hal ini menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa. Untuk mengapresiasi para peserta yang bertanya mendapatkan doorprize sebagai bentuk apresiasi. Dan juga seluruh peserta webinar yang hadir mendapatkan e-certificate. (adv)

Bagikan ke
  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: