Bupati Pimpin Upacara Detik-detik Proklamasi di Alun-alun Itho

Pengibaran bendera pusaka di Alun-alun Itho, Barong Tongkok para upacara peringatan detik-detik proklamasi, 17 Agustus 2022. (Foto: infokubar.id/Riska)

SENDAWAR, Infokubar.id – Bupati Kutai Barat (Kubar) FX Yapan memimpin Upacara Detik-detik Proklamasi dalam rangka HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Alun-alun Itho, Barong Tongkok, Rabu (17/8/2022).

Upacara diikuti peserta yang terdiri dari pasukan TNI dan Polri, ASN, Non ASN, serta pelajar SD-SMA.

Upacara dihadiri Wakil Bupati Edyanto Arkan, Ketua DPRD Ridwai, Sekda Ayonius, dan jajaran Forkopimda, serta pimpinan perangkat daerah di lingkup Pemkab Kubar. Juga turut hadir tamu undangan dari berbagai lembaga/badan, anggota legislatif, tokoh masyarakat dan pemuda.

Upacara diawali pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPRD Kubar Ridwai, dilanjutkan mengheningkan cipta dipimpin Inspektur Upacara Bupati FX Yapan.

Pengibaran bendera Merah Putih oleh Paskibraka Kubar oleh Danpok 8 Valentino Febrian Husein dari SMAN 1 Sendawar, penggerek bendera Elipas Gilbert Pardomuan Sinaga dari SMAN 2 Sendawar, dan pembentang bendera Kristian Vandi Hermawan dari SMKN 1 Linggang Bigung. Sementara pembawa baki Dwivasari Putri Ponandhar dari SMAN 1 Damai.

“Dengan tema Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat kita berharap masyarakat dapat bergotong royong dalam berbagai macam aspek pembangunan,” ucap Yapan dalam sesi wawancara usai memimpin upacara.

Menurut bupati Kubar dua periode ini, hal ini tidak bisa diserahkan ke satu lembaga saja karenanya diperlukan sinergi dalam pembangunan daerah ke arah lebih baik.

Upacara yang berlangsung mulai pukul 08.30 pagi itu berlangsung khidmat. Paskibraka yang bertugas pun  mampu menjalankan kewajibannya dengan baik tanpa kesalahan.

Sementara peserta upacara tampak mengenakan pakaian adat maupun batik khas Kubar juga mengikuti upacara sampai selesai. 

Rangkaian peringatan upacara ditutup dengan penyerahan piagam penghargaan dari Pemkab Kutai Barat kepada lembaga dan perorangan dari berbagai bidang serta diakhiri dengan sesi foto bersama. (*)

Penulis: Riska Amelia

Editor: Lukman Hakim

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: