Cara Desa Bendang Raya Kembangkan Potensi Perkebunan melalui Peningkatan Badan Jalan

TENGGARONG, Infokubar.id – Dalam rangka upaya mendukung penyiapan perpindahan IKN di Kukar, Pemerintah Desa Bendang Raya kembangkan berbagai potensi perkebunan.

Hal itu dikatakan, Kepala Desa Bendang Raya, Muhammaddin. Ia mengatakan, desa dengan luasan lahan 2.600 hektar itu memiliki potensi perkebunan kelapa sawit, durian, dan alpukat.

Kata dia, pengembangan potensi perkebunan itu sesuai dengan arahan Bupati Kukar Edi Damansyah, untuk menjadikan Kukar sebagai lumbung pangan Kaltim di masa mendatang.

“Seperti harapan Bapak Bupati. Perkebunan di Desa Bendang Raya untuk menyangga IKN,” ucapnya, Selasa (7/11/2023).

Upaya itu ternyata juga mendapat dukungan dan bantuan dari Pemkab Kukar melalui Dinas Perkebunan (Disbun).

“Kita mendapat bantuan bibit elai dari Pemkab Kukar yang dapat kita kembangkan di Desa Bendang Raya,” ungkapnya.

Selain Pemkab Kukar, Muhammaddin juga menyebut, pihaknya telah mendapat bantuan melalui aspirasi anggota DPRD Kukar belum lama ini.

Aspirasi itu menyasar peningkatan badan jalan usaha tani yang menghubungkan ke lokasi perkebunan durian dan alpukat di Desa Bendang Raya.

Peningkatan badan jalan yang dianggarkan melalui aspirasi anggota DPRD Kukar itu juga dilakukan di beberapa ruas jalan, seperti RT 13, 15, dan 16.

“Semenisasi juga dilakukan di RT 13, 15, dan RT 16 yang ditujukan untuk pengembangan wilayah baru,” pungkas dia. (Adv/Diskominfo Kukar)

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: