Desa Bhuana Jaya Miliki Tim Pengelola Sampah yang Dibentuk Suka Rela

Ilustrasi tumpukan sampah.

TENGGARONG, Infokubar.id – Guna mengurangi permasalahan sampah di Desa Bhuana Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang, masyarakat secara suka rela membentuk tim pengelola sampah. Tim itu dibentuk atas kesadaran masyarakat atas banyaknya sampah yang menumpuk di desa tersebut.

Kepala Desa Bhuana Jaya, Frend Effendy menjelaskan bahwa partisipasi ini tidak hanya mengurangi dampak negatif sampah tetapi juga menciptakan lingkungan yang bersih dan memberikan peluang pekerjaan.

Nantinya tim itu akan melakukan pengumpulan, pemilahan, dan pengolahan sampah menjadi bahan baku yang dapat dijual.

Melalui langkah-langkah seperti sosialisasi, pembentukan tim, pendataan sampah, dan fasilitas pengumpulan yang mudah diakses, masyarakat terlibat aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Partisipasi masyarakat bukan hanya tentang menciptakan kesadaran, tapi juga menggali potensi lapangan kerja baru dalam pengelolaan sampah,” jelas Effendy.

Pemimpin tertinggi di Desa Bhuana Jaya ini juga menekankan pentingnya membangun sistem pengelolaan sampah yang terintegrasi dan memberikan apresiasi serta insentif bagi masyarakat yang berperan aktif.

“Melibatkan masyarakat adalah kunci keberlanjutan dalam penanganan sampah dan menciptakan dampak positif jangka panjang,” ujarnya. (Adv/Diskominfo Kukar)

Redaksi Infokubar.id

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: