Di Depan Presiden Jokowi, Bupati FX Yapan Deklarasi Dukung IKN

FX Yapan menyerahkan piagam penghargaan gelar adat kepada Presiden Jokowi, Jumat (3/11/2023).

SENDAWAR, Infokubar.id – Bupati Kutai Barat (Kubar) FX Yapan menyampaikan deklarasi sebagai bentuk dukungan terhadap pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur. Hal itu dia sampaikan langsung di hadapan Presiden Joko Widodo, di Alun-alun Itho, Barong Tongkok, Jumat (3/11/2023).

“Pada hari ini Jumat tanggal 3 November 2023 kami segenap masyarakat Kutai Barat bersyukur dan mendukung sepenuhnya atas dibangunnya Ibu Kota Nusantara Republik Indonesia di Kaltim yang kita cintai,” ucap Yapan.

Di depan Jokowi dan pejabat negara yang hadir mendampingi kepala negara dalam lawatannya ke Bumi Tanaa Purai Ngeriman, FX Yapan menyampaikan kesiapan dan potensi yang dimiliki Kubar sebagai daerah penyangga IKN ke depan.

“Sebagai daerah penyangga, Kubar memiliki potensi besar dalam sektor pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, serta wisata alam dan budaya,” sambungnya.

Yapan meyakini bahwa Kubar akan merasakan manfaat besar dari kehadiran IKN, terutama melalui pembangunan infrastruktur yang akan menghubungkan Kubar dengan IKN.

Menurutnya, jarak antara Kubar dan IKN hanya sekitar 215 kilometer. Namun, dengan pembangunan infrastruktur yang memadai, perjalanan tersebut dapat dipersingkat menjadi hanya 2 jam.

Bupati Kubar juga membahas permasalahan terkait pembangunan Jembatan Aji Tulur Jejangkat yang menghubungkan Kecamatan Melak dan Mook Manar Bulatn. Pembangunan jembatan ini telah mangkrak sejak tahun 2012, dan ia berharap ada solusi dari pemerintah pusat untuk menyelesaikan proyek ini.

Kunjungan Presiden Jokowi ke Kutai Barat dalam rangka menghadiri Festival Dahau yang sekaligus menjadi perayaan HUT ke-24 Kabupaten. Presiden Indonesia ketujuh itu menyampaikan kegembiraannya bisa hadir di Kabupaten Beradat di depan puluhan ribu masyarakat yang sudah menunggu kehadirannya sejak jam 7 pagi.

“Saya betul-betul sangat senang, sangat gembira bisa hadir di Bumi Tanah Purai Ngeriman,” kata Jokowi disambut riuh tepuk tangan hadirin.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi turut mendapatkan gelar adat berupa “Ajiq Tatau Narakng Bulau, Penimakng Sookng Matiiq, Penerajuuq Bawe Ayaakng”. Gelar tersebut memiliki makna yang berhak dan berwenang membentuk dan menetapkan putra-putri terbaik bangsa untuk melaksanakan tugas yang bertujuan perdamaian dan kesejahteraan.

Pemberian gelar diberikan langsung oleh Kepala Adat Besar Kubar, Manar Dimansyah dengan memberikan piagam sekaligus topi khas Dayak kepada Jokowi.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kutai Barat, utamanya suku Dayak yang tadi sudah memberikan gelar ke saya, dan juga untuk dukungan ke IKN, ibu kota masa depan kita semua,” kata Jokowi. (Adv/Diskominfo Kubar)

Penulis: Fitra Mayca | Editor: Lukman Hakim

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: