Diresmikan Bupati, Tiga Puskesmas Miliki Gedung Baru

  • Bagikan
Bupati FX Yapan Menandatangani Prasasti Tiga Puskesmas. (Foto: Humas Kubar)

SENDAWAR, Infokubar.id – Fasilitas pelayanan kesehatan di Tanaa Purai Ngeriman terus ditingkatkan. Baru-baru ini Bupati Kutai Barat (Kubar) meresmikan tiga bangunan baru puskesmas (PKM). Kegiatan yang dilangsungkan pada Selasa (21/9/2021) siang itu dipusatkan di PKM Kecamatan Linggang Bigung.

Dilansir dari website resmi Pemkab Kubar, ketiga puskesmas yang memiliki gedung baru itu, antara lain PKM Linggang Bigung, PKM Sekolaq Darat, dan PKM Dempar. Pembangunan gedung baru ketiganya merupakan hasil akreditasi puskesmas pada tahun 2017. Hasilnya merekomendasikan perbaikan sarana bangunan sesuai standar, serta melihat jumlah penduduk yang semakin meningkat, dan untuk mendapatkan layanan keamanan juga kenyamananya.

Prosesnya berlanjut pada tahun 2018, Dinas Kesehatan bersama Puskesmas melengkapi persyaratan yang dibutukan, seperti sertifikat tanah, dan perencanaan bangunan, untuk kemudian diusulkan melalui APBN. Barulah di tahun 2020 anggaran disetujui dan tersedia sebesar Rp 8 miliar untuk masing-masing PKM.

FX Yapan menyebut keberadaan fasilitas fisik yang memadai adalah sarana penunjang yang penting dalam pelayanan kesehatan di sebuah wilayah. Oleh karena itu, keberadaan gedung baru yang memenuhi standarisasi pelayanan kesehatan tentu sangat dibutuhkan dalam memaksimalkan pelayanan.

Data terbaru menyebut di Kutai Barat terdapat 19 PKM dengan 4 PKM telah dibangun sesuai standar Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. Dari total PKM yang ada, sebanyak 6 PKM telah Terakreditasi Dasar, lalu 11 PKM dengan Akreditasi Madya, dan 2 PKM yang Terakreditasi Utama.

Selain itu, jumlah sarana pelayanan kesehatan lainnya di Kutai Barat terdapat Rumah Sakit sebanyak 2 unit, klinik sebanyak 21 unit, Puskesmas Pembantu sebanyak 89 unit, Pelayanan Kesehatan Masyarakat Kampung sebanyak 52 dan Pos Kesehatan Desa 3. Sementara itu, jumlah tenaga kesehatan yang tersedia sebanyak 876 orang yang bertugas di seluruh fasilitas kesehatan.

Bupati juga tak lupa memberikan apresiasi atas kinerja tim Satgas Covid-19, tenaga kesehatan, TNI, Polri, Satpol, dan BPBD serta seluruh masyarakat yang turut aktif dalam mencegah dan menekan angka penyebaran Covid-19 di Kubar. Ia mengharapkan kesadaran masyarakat untuk tetap mengikuti anjuran pemerintah dan displin terhadap protokol kesehatan.

“Semoga pandemi ini segera berakhir. Namun, ingat kita semua harus satukan langkah untuk bersama-sama menjaga diri, keluarga dan orang-orang yang kita sayangi serta sesama di sekitar kita dengan tetap patuhi prokes penanganan Covid-19 ini,” harap Yapan.

Turut hadir dalam peresmian ini, antara lain Ketua DRPD dan Anggota, Sekretaris Kabupaten, Kepala Kejaksaan Negeri, Plt. Asisten I dan II, perwakilan Pengadilan Agama, para Kepala OPD, dan Camat. (tra/man)

Bagikan ke
  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: