Disdikbud Gandeng DPRD Kaltim, Dukung Pemajuan Kebudayaan Jadi Perda

BALIKPAPAN, Infokubar.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim dengan DPRD Provinsi Kaltim Komisi III berkolaborasi menyelenggarakan Uji Publik Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda). Tujuannya untuk melindungi nilai-nilai kebudayaan dan meningkatkan apresiasi budaya.

Acara ini diselenggarakan di Hotel Blue Sky Balikapapan, (12/11/2022). Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi hadir sebagai narasumber dalam acara itu. Ia mengatakan, muara dari majunya sebuah kebudayaan yakni dengan memelihara persatuan dan kesatuan. Pemajuan kebudayaan, bagi dia, sangat penting untuk di Perda-kan dan harus dimasyarakatkan.

Uji publik ini, kata dia, nantinya dapat mewujudkan pemerataan akses aktivitas berkebudayaan dan meningkatkan apresiasi budaya dan penghargaan kepada pelaku pemajuan kebudayaan.

Ranperda digagas bermula dari inisiatif yang berawal pembahasan Raperda kesenian daerah. Sarkowi V. Zahry, selaku Ketua Pansus Raperda Kaltim ini menerangkan, bahwa pihaknya sudah berkonsultasi dengan kementerian menjadi Pemajuan Kebudayaan dan konsekuensinya harus membahas 10 objek sesuai dengan Undang-Undang Kebudayaan.

Adapun narasumber acara ini adalah Wakil Gubernur Kalimantan Timur, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur, Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan dan Direktur Jenderal Otonomi Daerah. (adv/disdikbudkaltim)

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: