Dispar Gandeng Elkana Gesaliq dan Jelajahi Kubar, Kembangkan Sektor Pariwisata

  • Bagikan
Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kab. Kutai Barat (dua dari kiri) bersama perwakilan Jelajahi Kubar dan Elkana Gesaliq. (Dok. Humas Kubar)

SENDAWAR, Infokubar.id – Sektor pariwisata terus dipromosikan dan dikembangkan oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Kubar. Bentuk komitmen tersebut ialah dengan menggandeng jasa transportasi Elkana Gesaliq dan komunitas Jelajahi Kubar yang dituangkan dalam penandatangan perjanjian kerjasama (PKS) pada Senin (20/9/2021) di Ruang Rapat Dispar Kubar.

“Diharapkan dengan PKS ini, dapat dikenal dan diketahui oleh masyarakat luas baik di Kaltim, Indonesia bahkan mancanegara,” kata Plt. Kepala Dispar Kubar Bahtiar usai acara PKS dilansir dari website resmi Pemerintah Kubar.

Harapannya dengan diketahui oleh masyarakat luas melalui promosi jasa transportasi maupun media sosial, wisatawan bisa tertarik dan berkunjung ke destinasi maupun objek wisata di wilayah Kubar.

“Wisata alam dan budaya di Kubar sangat menarik, tidak kalah dengan wisata di luar Kubar. Di antaranya, danau, jantur (air terjun), lamin dan adat istiadat dan ritual adatnya,” jelas Bahtiar.

Kabid Pengembangan Pemasaran Pariwisata, Maximus Gregorius menambahkan tujuan kerjasama ini untuk mempublikasikan dan promosi pariwisata. Di antaranya, memperkenalkan produk unggulan daerah, investasi, objek wisata, keragaman budaya dan membuka luas pasar bagi pariwisata, perdagangan serta investasi di wilayah Kubar.

Pengembangan pemasaran pariwisata di daerah harus dilakukan secara menyeluruh, integrasi serta memiliki visi dan misi maupun konsep yang matang dan terarah dalam pengembangan pemasaran pariwisata mutlak harus dilakukan.

Sektor pariwisata diyakininya merupakan sektor andalan untuk pemulihan ekonomi dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memiliki multiplier effect yang tinggi.

Sementara itu, ketua Jelajahi Kubar, Muhammad Kadapi mengatakan mereka merupakan komunitas yang bergerak di bidang pariwisata. Bersama belasan anggota yang digawanginya, mereka terus menggali potensi objek wisata alam dan budaya untuk dikenalkan kepada masyarakat luas melalui media sosial.

“Sudah dua tahun ini, kami konsisten untuk mengenalkan objek wisata serta budaya yang ada di Kutai Barat dalam bentuk visual dengan memanfaatkan sosial media,” kata David sapaan akrabnya.

Kerjasama ini menurutnya sejalan dengan Dispar Kubar dalam hal promosi pariwisata yang tertuang dalam bentuk pembuatan video destinasi unggulan dan profil pariwisata yang ada di Kubar. Pihaknya berharap kerjasama ini terus terjalin di masa mendatang dalam rangka pengembangan dan promosi sektor pariwisata.

“Penandatanganan Kerjasama ini memberikan kami kesempatan serta ruang yang lebih luas lagi untuk berkarya,” pungkasnya. (tra/man)

Bagikan ke
  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: