Ditinggal Pergi Berdagang, Rumah Warga di Purwodadi Ludes Terbakar

Rumah beserta isinya milik warga di RT 5 Kampung Linggang Purwodadi menjadi korban ganasnya si jago merah. (Foto: infokubar.id)

SENDAWAR, Infokubar.id – Satu unit rumah beralamat di RT 5 Kampung Linggang Purwodadi, Kecamatan Linggang Bigung ludes terbakar, Rabu (22/3/2023) pagi sekitar pukul 09.30 Wita. Pemilik rumah diketahui Mujiana, saat itu tidak ada di rumah karena sedang berdagang sayur.

Tak hanya bangunan dan isinya, satu unit sepeda motor merk Honda Scoopy pun turut dilahap si jago merah.

Kepada media ini, Rahmat saksi mata kebakaran menyebut, api berasal dari sebelah timur rumah Mujiana, yaitu bangunan gudang. Rahmat yang juga tetanggga korban pun sigap membantu memadamkan api.

“Saat melihat kejadian tersebut, saya bersama lima orang tetangga lainnya berusaha membantu memadamkan menggunakan air di ember. Namun api cepat sekali membesar, yang lainnya melapor ke pemadam,” terangnya.

Informasi yang diperoleh, pada saat kejadian rumah tidak kosong setelah ditinggal Mujiana pergi berjualan, melainkan ada Malik (anak Mujiana, Red). Ia dikabarkan tengah tertidur, tak mengetahui rumah terbakar. Beruntung ia berhasil selamat dan keluar rumah.

Saat dikonfirmasi, Koordinator Pemadam Kebakaran (PMK) Wilayah Kecamatan Linggang Bigung, Lukas mengatakan, sesaat setelah menerima laporan pihaknya langsung menuju ke lokasi kebakaran. Namun, saat itu api sudah melahap lebih 50 persen bangunan rumah.

“Kami terima laporan jam 09.40 wita, lalu ke TKP untuk memadamkan api, saat itu api sudah melahap plafon dan atap rumah,” ungkap Lukas.

Petugas baru berhasil memadamkan api 1 jam kemudian dengan bantuan 4 unit unit mobil pemadam yang dikerahkan ke lokasi kejadian.

Adapun mengenai penyebab kebakaran itu, pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan oleh keterangan saksi mata. Kapolres Kubar AKBP Heri Rusyaman telah memerintahkan jajarannya untuk memastikan kronologi kebakaran dan jumlah kerugiannya.

Sementara itu, pemuda setempat melalui Karang Taruna Tunas Jaya langsung membuka posko penggalangan bantuan. Mereka menerima bantuan berupa pakaian, bahan makanan maupun dana di sekretariat karang taruna sebagai wujud kepedulian kepada korban kebakaran. (*)

Penulis: Lukman Hakim

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: