Event Balap Ketinting Perempuan Dijadwalkan Setiap Tahun

SENDAWAR, Infokubar.Id – Ketua Tim Penggerak PKK Kubar, Yayuk Seri Rahayu minta lomba balap ketinting (perahu ces) perempuan jadi agenda olahraga tahunan di Kabupaten Beradat.

Hal itu disampaikannya saat membuka pertandingan persahabatan (eksibisi) Balap Ketinting Perempuan yang digelar Sungai Mahakam area Pelabuhan Melak, Kecamatan Melak, Selasa (1/11/2022). 

Lomba tersebut masuk dalam rangkaian pada Festival Dahau Sendawar dalam menyambut HUT ke-24 Kubar.

Ketua Dekranasda Kubar itu juga mengatakan, keterlibatan perempuan dalam olahraga air ini merupakan upaya perwujudan kesetaraan gender di Kubar. Sekaligus memberikan kesempatan agar perempuan mendapat tempat pada perlombaan tersebut.

“Kita melaksanakan kegiatan ini karena masih banyak warga kubar yang tinggal di pesisir sungai mahakam, dan pasti banyak ibu-ibu yang tahu mengemudi ketinting. Jadi kita berupaya supaya mereka bagaimana kita bisa membuat tempat supaya mereka juga bisa mengikuti lomba ini,” kata Yayuk.

“Harapan saya ke depannya, ini bisa menjadi kalender tetap kabupaten sehingga setiap tahun bisa dilaksanakan dan kita juga bisa mendapat bibit-bibit pembalap perempuan yang bisa membawa nama harum daerah,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kubar, Yuyun Diah Setiorini menambahkan, balap ketinting perempuan ini akan masuk dalam kalender tetap kabupaten, dengan harapan dapat menarik minat wisatawan ke Kubar.

“Harapan kami, ajang ini bisa menarik minat kunjungan wisatawan ke Kutai Barat, khususnya dalam rangkaian Festival Dahau. Dan kami akan menjadikan kegiatan ini sebagai agenda tetap Kabupaten,” tegasnya.

Melinda (13) salah satu peserta cilik yang ikut dalam pertandingan eksibisi tersebut mengaku senang bisa terlibat langsung, dengan harapan kedepannya balap ketinting perempuan bisa di lobakan dengan perebutan gelar juara.

“Mesin ketinting yang saya bawa ini yang ces 6 PK dan Ini baru pertama kali saya ikut lomba. Kalau misalnya ada lagi tahun depan, Insya Allah saya mau ikut,” ungkap pelajar kelas VII SMP tersebut.

Untuk diketahui, balap ketinting perempuan ini baru pertama kali di gelar di Kabupaten Kutai Barat secara eksebisi atau pertandingan persahabatan, dengan jumlah peserta sebanyak 13 orang.

Pada pelaksanaannya, para peserta dibagi dalam 4 regu, dengan rute lintasan sepanjang kurang lebih 1 kilometer, sebanyak 1 kali putaran. (Adv/Diskominfo Kubar)

Penulis | Editor: Lukman Hakim

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: