Festival Kukar Asia Wonders, Perpaduan Seni Modern dan Tradisional untuk Pariwisata

Bupati Kukar, Edi Damansyah (berbaju kuning) saat menghadiri kegiatan festival Kukar Asia Wonders.

TENGGARONG, Infokubar.id – Tabuhan drum oleh Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah menandai dimulainya Festival Kukar Asia Wonders. Event ini menjadi panggung kolaborasi antara seni modern dan tradisional di Kabupaten Kukar.

Bupati Kukar, Edi Damansyah menyatakan bahwa festival ini memberikan ruang bagi pelaku seni dan ekonomi kreatif untuk mengekspresikan kreativitas dan inovasi mereka.

Edi menambahkan dalam rangka mewujudkan dan meningkatkan sektor pariwisata serta kecintaan kepada seni dan budaya daerah dibutuhkan kebersamaan juga sinergi dari semua pihak, baik pemerintah, swasta maupun masyarakat.

“Dengan kegiatan Festival Kukar Asia Wonders ini yang diisi tampilan seni modern seperti reggae juga penampilan musik tradisional, tari-tarian tradisional khas Kutai dari berbagai kecamatan yang ada di Kukar sebagai wadah berekspresi. Untuk itu selamat menampilkan yang terbaik”, ungkap Edi bertempat di Lapangan Parkir Stadion Rondong Demang Tenggarong, Rabu malam (29/12/23).

Lebih lanjut kata Edi kegiatan Festival Kukar Asia Wonders diharapkan dapat memicu dan mendorong pertumbuhan pelaku seni dan pelaku ekonomi kreatif untuk berekspresi dan berinovasi dalam menciptakan produk-produk unggulan diKukar.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kukar, Slamet Hadi Raharjo mengatakan sesuai dengan progrma Kukar Idaman untuk memperkuat pembangunan pariwisata melalui Kukar Kaya Festival dengan mengusung konsep pertunjukan sebagai roh pariwisata Kukar dengan 100 festival skala Kabupaten dan kecamatan. Di mana salah satunya adalah Festival Kukar Asia Wonders.

“Pelaksanaan Festival Kukar Asia Wonders ini salah satu upaya untuk mengenalkan dan mempromosikan seni daerah kukar berkolaborasi dengan berbagai genre musik yang ada di Kukar ukar termasuk tampilan musik reggae berasal dari grup musik di Kaltim dan tampilan sanggar tari dari kecamatan disekolah-sekolah yang diadakan dari tanggal 29 – 1 Desember 2023”, ucapnya. (Adv/Diskominfo Kukar)

Facebook Comments Box
Bagikan ke
Pasang Iklanmu
%d blogger menyukai ini: