FO Cut Kembali Terjadi, Jaringan Kubar-Mahulu Tumbang

  • Bagikan

SENDAWAR, Infokubar.id – Untuk kesekian kalinya jaringan telekomunikasi di wilayah pelayanan Kutai Barat dan Mahakam Ulu kembali terganggu. Tak lain disebabkan FO Cut yang akibatnya saluran telepon jadi terputus-putus dan internet lumpuh total.

Gangguan dirasakan sekitar pukul 13.30 pasca salat Jumat (11/06/2021). Tak lama berselang media ini memperoleh kepastian penyebab gangguan dari grup Whatsapp yang berisi info FO Cut.

“Mohon ijin update fo cut telkom. Info dari team melak via telpon FO cut daerah sebelum simpang kalteng, ruas pahuestate – muaralawa,” begitu salah satu teknisi lapangan di grup Whatsapp Info Kubar Network.

Sumber gangguan diketahui berasal dari titik kabel FO yang terputus karena terkena galian alat berat excavator. Hal ini terlihat dari bekas putusnya kabel dan alat berat tersebut masih standby di lokasi.

Beragam komentar warganet di instagram @info_kubar dilontarkan terkait postingan FO Cut. @rifaidirizky berkomentar, “Kalau tidak digaruk bukan jaringan kubar namanya,” yang seolah menyiratkan hal seperti ini sudah sering terjadi.

Berbeda lagi komentar dari @riandy.arhmn yang menuliskan, “itu kira kedalamannya dari permukaan tanah berapa meter yaa, kok hampir setiap kali ada proyek penggalian selalu TERPUTUS.”

Kejadian FO Cut bukan kali ini saja terjadi di jalur Kukar-Kubar, bahkan tak jarang dalam kurun sebulan bisa lebih dari dua kali. Penyebab paling banyak berasal dari galian alat berat. Selain itu, juga dari tanah longsor, vandalisme hingga gigitan tupai.

Penyambungan kabel FO. Foto: Muarif

Sekitar pukul 6 sore jaringan sudah kembali normal. “Mohon ijin update saat ini fo cut sudah selesai penyambungan dan jaringan kembali normal,” begitu bunyi laporan dari grup whatsapp yang media ini terima. Beruntung teknisi di lapangan sedang standby di Kutai Barat, karena biasanya teknisi berada di Samarinda dan memerlukan waktu lebih untuk perjalanan dan mencari titik lokasi FO Cut. (tra/man)

Bagikan ke
  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: